Sukses

Polisi Siap Selidiki Temuan Kulit Kabel di Gorong-Gorong Jakarta

Selain kulit kabel, petugas juga menemukan sampah pipa dan potongan kayu.

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik Polda Metro Jaya siap menyelidiki temuan sejumlah kulit kabel di gorong-gorong Jalan Gatot Subroto, Kuningan Barat, Jakarta Selatan. Banyaknya kulit kabel di saluran air itu mengakibatkan banjir saat hujan tiba.

"Ya kalau diminta, pasti kita lakukan pengusutan. Kan belum tahu juga itu apakah sampah atau apa," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono, Jakarta, Senin (6/3/2017).

Argo mengaku belum mengetahui apakah sudah ada permintaan pengusutan terkait temuan kulit kabel di gorong-gorong tersebut dari Pemprov DKI Jakarta. Yang pasti, polisi siap mengusut temuan tersebut setelah mendapatkan laporan resmi dari Pemprov DKI.

"Nanti saya cek dulu apakah sudah ada laporannya atau belum," jelas Argo.

Pekerja harian lepas (PHL) Pemprov DKI menemukan sejumlah kulit kabel di dalam gorong-gorong Jalan Gatot Subroto, Kuningan Barat, Jakarta Selatan, pada Jumat 3 Maret 2017. Kulit kabel ditemukan setelah wilayah itu tergenang beberapa kali saat hujan turun.

Selain kulit kabel, petugas juga menemukan sampah pipa dan potongan kayu, kaleng cat hingga traffic cone. Pencarian kulit kabel dan sampah di dalam gorong-gorong itu berlanjut hingga Minggu 5 Maret 2017.

Penemuan kulit kabel ini juga sebelumnya pernah terjadi di saluran air Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, pada Maret 2016.

Setelah melakukan penyisiran sepanjang gorong-gorong jalan tersebut, petugas Dinas Tata Air DKI Jakarta menemukan total bobot kulit kabel mencapai 25 ton.

Dalam kasus ini, Polda Metro Jaya menangkap enam tersangka pencuri tembaga kabel. Yakni STR alias BY (45), MRN alias N (34), SWY alias SM (45), AP alias UC (28), RHM alias GUN (43), dan AT alias TGL (48).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini