Sukses

Kata PT JAS soal Insiden Rusaknya Tangga Eskalator Raja Salman

Hery Lukmanto menjelaskan, sesuai prosedur tetap (protap), dua jam sebelum dipakai tangga eskalator milik Raja Salman telah dicoba.

Liputan6.com, Denpasar - Tangga eskalator milik Raja Salman bin Abdulazis al-Saud‎ rusak sesaat hendak digunakan. Alhasil, Raja Salman turun menggunakan Invitated Passenger Lift (IPL) milik PT Jasa Angkasa Semesta (JAS) Airport Service.

Deputi Direktur Operasional PT JAS, Subiyono mengaku tak mengetahui persis sejauh mana kerusakan tangga eskalator milik Raja Salman. Yang pasti, tangga seberat 15 ton itu telah dipersiapkan dengan baik sebelum digunakan.

‎"Mereka (pihak Arab Saudi) juga yang menyiapkan alat untuk menurunkan tangga eskalator tersebut. Tapi, beberapa hari dan beberapa jam sebelum digunakan tangga itu tidak berfungsi dengan baik. Kita belum tahu kerusakannya seperti apa," ujar Subiyono di Kuta, Bali, Minggu 5 Maret  2017.

IPL itu alat untuk mengeluarkan dan mem-boarding-kan penumpang dengan kebutuhan khusus seperti sulit berjalan atau sedang sakit. Kemarin waktu dipakai suasana di dalam kabin IPL sudah baik. "Kami selaku ground handling yang ditunjuk sudah menyediakan peralatan yang standar untuk mengantisipasi," kata dia.

Menurut dia, begitu Raja Salman berada di IPL, tangga eskalator milik Raja Salman bisa difungsikan kembali seperti sedia kala.

General Manager Area II PT JAS, Hery Lukmanto menjelaskan, sesuai prosedur tetap (protap), dua jam sebelum dipakai tangga eskalator milik Raja Salman telah dicoba.

"Dua jam sebelum dipakai dites dan tidak ada masalah. Begitu oke, diparkir tidak jauh dari pesawat. Saat landing, eskalator harus siap di dekat pesawat. Saat dicoba starter tidak bisa," ucap Hery.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini