Sukses

5 Hal Tak Biasa yang Dilakukan Jokowi untuk Raja Salman

Kedatangan Raja Salman bin Abdulaziz al Saud menjadi kedatangan paling bersejarah bagi kedua negara.

Liputan6.com, Jakarta - Kedatangan Raja Salman bin Abdulaziz al Saud menjadi kedatangan paling bersejarah bagi kedua negara. Berbagai persiapan tak biasa dilakukan sejak jauh-jauh hari untuk menyambut Raja Arab Saudi itu.

Hal tak biasa juga dilakukan Presiden Jokowi selama Raja Salman berada di Jakarta. Berikut beberapa hal unik yang dilakukan Jokowi bersama Raja Salman.

1. Jemput di Tangga Pesawat

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud disambut Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) di landasan pacu VVIP Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (1/3). Sejumlah menteri turut mendampingi acara penjemputan Raja Salman. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Presiden Jokowi secara khusus menjemput Raja Salman dari depan tangga pesawat. Jokowi menjadi orang pertama yang bersalaman dengan Raja Salman.

Penyambutan istimewa ini bukan tanpa alasan. Hal ini dilakukan sebagai sambutan balasan karena Jokowi mendapat sambutan serupa saat berkunjung ke Arab Saudi 2015 lalu.

2. Payungi Raja

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud disambut oleh Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/2). Kunjungan kenegaraan Raja Salman membawa rombongan besar sekitar 1.500 orang. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Hujan deras menyambut kedatangan Raja Salman di Istana Bogor. Beberapa agenda mengalami perubahan karena hujan tak kunjung reda.

Kegiatan keliling Istana Bogor terpaksa diubah menggunakan mobil keperesidenan yang semula menggunakan golf car. Raja Salman diajak keliling hingga ke teras belakang Istana.

Paspampres baik dari Indonesia maupun Arab Saudi sibuk mencarikan payung untuk Jokowi dan Raja Salman. Keduanya masih harus berjalan kaki dari mobil ke beranda belakang Istana.

Jokowi memegang sendiri payung hitam yang disediakan, berjalan dari pintu kanan mobil menghampiri Raja Salman. Jokowi pun memayungi Raja ke-7 Arab Saudi itu diikuti Paspampres.

Payung itu seakan tak cukup untuk menghindari hujan yang begitu lebat. Sampai di beranda Istana, peci dan jas hitam Jokowi tampak basah, begitu pula dengan Raja Salman. Sang Raja bahkan mengganti pakaian dari nuansa emas menjadi hitam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3 Sampai 5

3. Genggam Erat Raja

Raja Salman bersama Presiden Jokowi jelang pemberian penghargaan di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/2). Raja Salman mendapat penghargaan Bintang Republik Indonesia Adipurna. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Jokowi beberapa kali tertangkap kamera sedang menggenggam erat tangan Raja Salman. Tak hanya untuk membantu pria 81 tahun itu berjalan, genggaman tangan erat itu diyakini sebagai simbol persahabatan erat kedua negara.

Hal serupa juga dilakukan saat Presiden pertama Indonesia Sukarno menyambut kedatangan Raja Saud bin Abdulaziz al Saud di Indonesia 1955 silam. Keduanya tampak saling menggenggam erat tangan.

4. Membuat Vlog

Vlog Presiden Jokowi bersama Raja Salman. (Facebook)

Membuat video blog atau vlog belakangan ini menjadi kegiatan yang kerap dilakukan Jokowi. Kini, yang menjadi objeknya vlognya adalah Raja Salman.

Vlog itu dibuat Jokowi saat Raja Salman makan siang di Istana Bogor. Raja Salman yang sedang asyik santap siang tiba-tiba 'ditodong' berbicara di vlog dan menyapa masyarakat Indonesia.

Video ini langsung menjadi viral di dunia maya ketika diunggah Jokowi. Video ini diunggah di semua akun sosial media Jokowi baik Facebook, Instagram, Twitter, dan YouTube Channel.

5. Angkat Pohon

Presiden Jokowi menyiapkan pohon yang akan ditanam Raja Salman di halaman tengah Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (2/3). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Proses penanaman pohon oleh Raja Salman tertunda karena hujan deras. Penanaman pohon yang seharusnya dilaksanakan di Istana Bogor dipindah ke Istana Kepresidenan, Jakarta.

Ketika akan melakukan penanaman pohon, Jokowi tiba-tiba jongkok yang mengangkat sendiri pohon Kayu Besi ke dalam lubang penanaman. Melihat hal itu, ajudan kemudian membantu.

Usai penanaman pohon, Jokowi menyiram sendiri pohon Kayu Jati yang baru ditanam. Jokowi menyebut, Kayu paling kuat asal Kalimantan itu menunjukkan hubungan Indonesia dan Arab Saudi yang juga semakin kuat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini