Sukses

Ridwan Kamil: Jika Saya Lalai, Ada Bung Karno yang Mengingatkan

Liputan6.com, Jakarta - Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil menyampaikan, dirinya sangat mengidolakan Presiden Pertama RI, Sukarno atau lebih dikenal Bung Karno. Sampai-sampai, di pendopo, kantor, hingga kediamannya terpajang lukisan sang proklamator tersebut.

"Saya sangat mencintai Bung Karno, kalau abang-abang main ke pendopo saya banyak lukisan Bung Karno. Saat saya buka pintu ada lukisan Bung Karno," kata Ridwan Kamil dalam acara penutupan Rakernas DPN-Repdem Sayap PDI Perjuangan di Hotel Grand Alia, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (4/3/2017).

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini bahkan mengisahkan, terkadang lukisan-lukisan Bung Karno itu 'menegur' dirinya ketika lalai dalam bertindak. Ia mengaku memang tidak mudah menjadi orang nomor satu di Kota Kembang ini, karena harus mengemban amanah dari seluruh warga Kota Bandung.

"Kalau saya lupa diri maka saat buka pintu saya langsung diingatkan oleh si Bung itu, ya Bung Karno," ujar dia.

Menurut Kang Emil, Bung Karno dikenal sebagai sosok pemimpin yang sangat dekat dengan rakyat, bahkan sering turun langsung melihat masyarakat agar bisa mengetahui permasalahan apa saja yang tengah dihadapi.

"Bung Karno itu rajin turun ke bawah, makanya muncul marhaenisme itu," ucap dia.

Ridwan Kamil mengakui dalam memimpin Kota Bandung ia banyak belajar dari sosok Bung Karno. Terlebih soal gagasan-gagasan Bung Karno yang menurutnya baik untuk diaplikasikan. Selain itu, ia menyampaikan jika manusia harus hidup berlandaskan ideologi, agar tidak seperti layang-layang putus yang terbang tak tentu arah.

"Bung Karno ini manusia penuh gagasan, karena manusia harus hidup dengan memiliki ideologi dan gagasan. Sama pesan ibu saya, sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi masyarakatnya. Makanya setiap waktu saya, untuk warga Kota Bandung," kata Kang Emil.

Di akhir sambutan, Ridwan melontarkan pernyataan yang membuat riuh peserta Rakernas Repdem. "Saya belum punya warna tapi ini sedang pacaran. Namun nasihat-nasihat Bung Karno sudah saya jalankan," ucap dia.

Ridwan Kamil mengatakan dirinya dan warga PDIP merupakan saudara kandung dalam perjuangan mempertahankan ideologi Pancasila, NKRI, dan membela keberagaman.

  • Ridwan Kamil adalah Wali Kota Bandung yang menjabat periode 2013-2018. Sebelum menjadi Wali Kota, ia dikenal sebagai dosen dan arsitek
    Ridwan Kamil adalah Wali Kota Bandung yang menjabat periode 2013-2018. Sebelum menjadi Wali Kota, ia dikenal sebagai dosen dan arsitek
    Ridwan Kamil
Artikel Selanjutnya
Tak Mau Masuk Parpol, PDIP Tunggu Perubahan Sikap Ridwan Kamil
Artikel Selanjutnya
Buwas Jamin Tak Ada Gratifikasi dalam Pernikahan Sang Anak