Sukses

Maruarar Sirait dan Ridwan Kamil Buka Kirab Kebangsaan

Maruarar Sirait mengatakan kirab budaya ini sengaja digelar untuk menggelorakan semangat kebinekaan, persatuan dan Pancasila.

Liputan6.com, Subang - Ketua Umum Taruna Merah Putih Marah Putih Maruarar Sirait bersama dengan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil membuka Kirab Kebangsaan 'Bersatu Kita Teguh' yang digelar di Halaman Desa Rancasari, Pamanukan, Subang, Jawa Barat pada Sabtu (4/3/2017).

Maruarar mengatakan kirab budaya ini sengaja digelar untuk menggelorakan semangat kebinekaan, persatuan dan Pancasila sebagai ideologi bangsa.

"Kita lawan mereka-mereka yang ingin memecah belah," kata Maruarar Sirait dalam sambutannya di Pamanukan, Subang, Jawa Barat, Sabtu.

Menurut pria yang akrab disapa Ara ini, selain kirab budaya ada pertunjukan sejumlah pentas seni lainnya dalam acara ini. "Jadi kami juga akan perkenalkan kuliner-kuliner dari Pamanukan," ucap Ara.

Dia pun meminta maaf kepada masyarakat yang aktivitasnya sedikit terganggu lantara kemacetan di Jalan Tio Martasasmita selama acara kirab berlangsung. Namun, dia berharap masyarakat dapat melihat pesan yang disampaikan dalam acara ini.

"Kepada masyarakat Pamanukan kami mohon maaf. Tapi untuk membela Pancasila, pesannya masuk kepada kita semua," kata Ara.

Sementara Ridwan Kamil mengaku antusias mengikuti acara ini. Dia menilai acara ini sebagai bentuk wadah pemersatu masyarakat untuk membela Pancasila.

"Karena kirabnya kebangsaan yang harus kita bela. Kita lahir dari perbedaan. Oleh karena itu kita rayakan keberagaman, kita lawan kebencian," terang pria yang akrab disapa Emil ini.

Setelah memberikan sambutannya, Maruarar Sirait dan Emil kemudian mengibarkan bendera menandakan dimulainya acara kirab tersebut. Kirab ini diperkirakan diikuti oleh 10 ribu peserta.

Mereka nantinya berjalan sejauh 2 kilometer dari Halaman Desa Rancasari, Pamanukan hingga finish di Parkiran Kolam Renang Bintang Fantasi Pamanukan, Subang, Jawa Barat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.