Sukses

Tambah Jalur, Anggaran MRT Melonjak Dua Kali Lipat

Ketua Bappeda DKI Jakarta menyebutkan pendanaan fase kedua MRT mencapai dua kali lipat dari anggaran awal.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Tuty Kusumawaty, mengatakan anggaran untuk pengerjaan sarana cepat masal atau MRT (Mass Rapid Transit) fase kedua bisa mencapai dua kali lipat dari anggaran sebelumnya.

"Awalnya itu Rp 23 triliun, jadi karena naik dua kali lipat kurang lebih Rp 38 triliun," ucap Tuty di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (3/3/17).

Menurut Tuty, melonjaknya kebutuhan dana ini karena adanya rencana penambahan jalur. Tadinya, jalur MRT hanya sampai Kampung Bandan, tetapi kemudian diperpanjang hingga Ancol Timur.

Tuty mengatakan pihaknya masih membahas tambahan dana yang dibutuhkan untuk pembangunan MRT ini. Menurut dia, hal itu masih dalam proses dan tengah dirapatkan dengan pihak DPRD DKI Jakarta.

"Selain itu juga masih menunggu rekomendasi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Untuk keseluruhannya, kita hitung kembali termasuk sampai dengan Ancol Timur," ujar dia.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengharapkan, adanya rute Bundaran HI hingga Ancol bisa meningkatkan jumlah penumpang sekaligus menjadikan daerah sekitar MRT menjadi kawasan komersil.

"Sama seperti di Lebak Bulus, mungkin bedanya di sana untuk apartemen harga subsidi jual yang murah. Karena untuk pasangan muda, sedangkan Ancol bisa jadi komersil," tuturnya.

Selain itu, mantan Bupati Belitung Timur ini menegaskan sudah menyiapkan pembangunan apartemen di setiap depo MRT. "Semua depo, di atasnya nanti akan dibangun sebuah apartemen," tegas Ahok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Moda Raya Terpadu atau disingkat MRT adalah sistem transportasi rel angkutan cepat di Jakarta.

    MRT

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

Video Terkini