Sukses

Jokowi Ungkap Peran Penting Tokoh Lintas Agama ke Raja Salman

Kepada Raja Salman, Presiden Jokowi mengatakan, tokoh lintas agama juga sangat berperan untuk menjaga perdamaian dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memandu pertemuan antara Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud dan tokoh lintas agama. Pertemuan ini merupakan lanjutan dari pertemuan sebelumnya Raja Salman dengan tokoh Muslim di Indonesia.

Jokowi secara khusus memperkenalkan para tokoh lintas agama kepada Raja Salman dalam pertemuan yang berlangsung di tempat raja menginap, Hotel Raffles, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (3/3/2017). Bahkan Jokowi tidak ragu memperkenalkan mereka sebagai bentuk kemajemukan di Indonesia.

"Yang Mulia Sri Baginda Raja Salman bin Abdulaziz al Saud, hadir dalam pertemuan kali ini wakil dari agama Islam, Katolik, Protestan, Hindu, Buddha, dan Konghucu. Kehadiran beliau-beliau semuanya merupakan representasi perwakilan dari kemajemukan yang ada di Indonesia," kata Jokowi.

Jokowi menyebutkan, tokoh lintas agama yang hadir dalam pertemuan itu memainkan peran masing-masing dalam menjaga keharmonisan bangsa. Hal inilah yang menjadi kekuatan utama persatuan Indonesia.

"Yang Mulia, para pemimpin agama ini merupakan teladan bagi umatnya dalam mengembangkan semangat toleransi dan sikap saling menghormati, yang sangat penting dalam hubungan antarumat beragama di Indonesia," imbuh Jokowi.

Kepada Raja Salman, Jokowi juga mengatakan, peran para tokoh agama ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Cara mereka menjaga toleransi di Indonesia juga sangat berperan untuk menjaga perdamaian dunia.

"Hal ini merupakan aset bangsa Indonesia, aset negara Indonesia, yang sangat berharga dalam berkontribusi bagi perdamaian, utamanya perdamaian dunia," ucap Jokowi.

Pertemuan ini diikuti oleh 28 tokoh lintas agama. Tokoh dari agama Islam yang hadir adalah Din Syamsuddin, Prof. Dr. Azyumardi Azra, Prof. Dr. Kammarudin Amin, Prof. Dr. Alwi Shihab, Zannuba Arriffah C. Rahman (Yenny Wahid), Abdul Mufti, Masyakuri Abdillah, Komaruddin Hidayat, dan Yudie Latief.

Tokoh-tokoh yang mewakili agama Kristen Protestan adalah Hanriette T. Hutabarat, Pdt. Rony Mandang, Pdt. Dr. Jacob Nahuway dan Gomar Gultom.

Dari agama Kristen Katholik hadir Mgr. Ignatius Suharyo Harjoatmojo, Mgr. Antonius Subianto Osc, Mgr. Paskalis Bruno Syukur Ofm dan Franz Magnis Suseno.

Tokoh agama Buddha yang hadir adalag S. Hartati Tjakra Murdaya, Bhikku Sri Pannyavaro, Suhadi Sanjaya, dan Arif Harsono.

Sementara itu, Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya, Ir. Ketut Parwata, Letjen TNI Purn Putu Soekreta Soeranta, dan Made Gede Erata adalah para tokoh yang mewakili agama Hindu.

Tokoh agama Konghucu yang hadir adalah Uung Sendana, Ws. Budi Santoso Tanuwibowo, dan XS Djangrana.

Turut hadir dalam pertemuan mendampingi Presiden Jokowi bertemu Raja Salman yakni, Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini