Sukses

Sewa Kamar Rombongan Raja Salman Diperkirakan Rp 16 M per Hari

Jumlah sewa kamar rombongan Raja Salman itu belum termasuk fasilitas lainnya, seperti sewa mobil mewah.

Liputan6.com, Jakarta Raja Salman bin Abdulaziz al Saud membawa 1.500 orang, termasuk 25 pangeran dan 10 menteri dalam kunjungan ke Indonesia selama sembilan hari. Dengan rombongan yang begitu gemuk hampir dipastikan, Raja Salman memerlukan begitu banyak kamar hotel.

Ketua Umum Asosiasi Biro Perjalanan Wisata Indonesia atau ASITA Asnawi Bahar menyatakan, secara ekonomi kunjungan Raja Salman memberikan dampak langsung pada industri pariwisata.

Asnawi menilai sebelum kedatangannya saja, Raja Salman sudah banyak mengeluarkan banyak biaya untuk persiapan.

"Tiga hotel berbintang lima di Kuningan, Jakarta di-booking. Jumlah kamarnya 800 lebih," kata Asnawi seperti dikutip dari Antara, Jumat (3/3/2017).

Kata Asnawi, pemesanan kamar hotel kelas tertinggi itu dengan jumlah ratusan di Ibu Kota, rate-nya diasumsikan menembus Rp 16 miliar per hari.

"Jika dibuat rata-rata kasar tarif menginap per malamnya Rp 20 juta per malam. Kamar yang disewa 800. Hasilnya dikalikan tiga hari, sudah Rp 48 miliar hanya untuk sewa kamar hotel. Belum termasuk penggunaan fasilitas lain di hotel," beber dia.

Jumlah itu, kata dia, belum termasuk biaya sewa mobil yang jika diasumsikan Rp 20 juta per hari per unit untuk sebanyak 400 mobil mewah. Maka angka pengeluaran mencapai Rp 8 miliar per hari.

Sementara, estimasi katering untuk delegasi diperkirakan mencapai lebih dari Rp 2 miliar selama tiga hari mereka tinggal di Jakarta.

Di sisi lain untuk transportasi udara, Raja Salman juga tercatat menyewa 29 pesawat untuk mengangkut kargo serta para pangeran dan menteri dalam kunjungan ke Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini