Sukses

Mahasiswa IAIN Padang Tolak Pungutan Uang Praktikum

Ratusan mahasiswa IAIN Padang, Sumbar, berunjuk rasa menolak pengenaan uang praktikum. Aksi ini sempat ricuh karena pendemo memaksa mahasiswa lain ikut berunjukrasa walaupun mereka tengah mengikuti ujian.

Liputan6.com, Padang: Ratusan mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padang, Sumatra Barat, berunjuk rasa menolak pengenaan uang praktikum, Rabu (21/7). Unjuk rasa sempat diwarnai kericuhan saat para mahasiswa menyerbu ruang lokal. Mereka ingin memaksa mahasiswa lain untuk ikut berdemonstrasi meski tengah ujian. Beruntung aksi mahasiswa ini bisa ditenangkan oleh pegawai kampus sehingga tidak terjadi pengrusakan.

Para pendemo menuntut pihak rektorat menghapus pungutan yang selama ini membebani mahasiswa. Salah satunya adalah uang praktikum sebesar Rp 200 ribu per orang setiap semester. Selama ini mahasiswa mengaku tidak pernah mendapatkan praktikum.

Selain itu mahasiswa juga mendesak kampus melengkapi sarana dengan toilet yang nyaman. Selama ini toilet wanita dan laki-laki tidak dipisahkan padahal mereka adalah mahasiswa syariah.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.