Sukses

Alasan Tak Hadirnya Rizieq Shihab dalam Acara Raja Salman di DPR

Ketua GNPF MUI memastikan, Rizieq Shihab juga diundang dalam kunjungan Raja Salman ke Gedung DPR.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah ulama dan tokoh umat Islam menghadiri undangan acara kunjungan Raja Salman bin Abdulaziz al Saud di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, hari ini.

Para tokoh yang terlihat di antaranya yakni Muhammad al Khathath, Muhammad Zaitun Rasmin, Abdul Rasyid Abdullah Syafi'ie, Arifin Ilham, Yusuf Mansur, hingga Bachtiar Nasir. Namun salah satu undangan yang disebut-sebut yakni pentolan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab tidak hadir di lokasi acara.

"Beliau hari ini berhalangan," kata Bachtiar Nasir di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (2/3/2017).

Bachtiar yang merupakan Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI memastikan Rizieq juga diundang. Namun, Rizieq tengah bermasalah dengan kesehatannya sehingga tidak bisa hadir.

"Kayaknya agak kurang sehat, tapi beliau diundang," ujar Bachtiar.

Bachtiar menyampaikan, kedatangan para ulama ke DPR lebih bersifat undangan pribadi, sehingga tidak membawa nama kelompok, termasuk GNPF MUI.

"Sebetulnya lebih pada pribadi sih di sini, bukan GNPF, kita datang sebagai pribadi saja," ucap Bachtiar.

Raja Salman tiba di Gedung DPR sekitar pukul 13.07 WIB. Dia disambut Ketua DPR Setya Novanto. Dalam kunjungannya itu, dia menyampaikan pidato kehormatan di depan anggota dewan dan tamu undangan.

Dalam kunjungan tersebut, DPR memutarkan tayangan mengenai kunjungan Raja Arab sebelumnya yaitu Raja Faisal yang menyambangi Indonesia pada 1970. Kunjungan itu sudah mencapai 47 tahun.

Raja Salman berkunjung ke Indonesia pada 1-9 Maret 2017. Rencananya, Raja Salman bersama rombongan yang berjumlah 1.500 orang itu, berada di Jakarta pada 1-3 Maret 2017, sedangkan 4-9 Maret akan berlibur di Bali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.