Sukses

Liputan 6 Awards 2010 Diserahkan Hari Ini

Penyerahan penghargaan "Liputan 6 Awards 2010" dilakukan hari ini (21/7) di Gedung Balai Sarbini, Jakarta. Ada enam kategori penghargaan yang diberikan sebagai bentuk apresiasi SCTV terhadap figur terpilih, yang memiliki dedikasi dan memberikan inspirasi bagi masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta: Penyerahan penghargaan "Liputan 6 Awards 2010" dilakukan hari ini (21/7) di Gedung Balai Sarbini, Jakarta. Acara ini akan ditayangkan di SCTV pukul 22.15 WIB nanti malam, dengan dimeriahkan oleh sejumlah penyanyi ibukota seperti Rossa, Cagur, Hijau Daun, Indah, Padi, dan seluruh presenter berita Liputan 6 SCTV.

Menurut Kepala Departemen Humas SCTV Uki Hastama, ajang penghargaan "Liputan 6 Awards 2010" digelar sebagai bentuk apresiasi SCTV terhadap figur terpilih yang memiliki dedikasi dan
memberikan inspirasi bagi masyarakat. 

"Tahun ini SCTV memilih 6 nama yang memperoleh penghargaan Liputan 6 Awards 2010 berdasarkan 6 kategori. Dalam rangka HUT SCTV ke-20, SCTV memberikan penghargaan untuk kategori seni budaya, advokasi, pendidikan, lingkungan hidup, pemberdayaan masyarakat, dan sebuah penghargaan khusus/special awards," jelas Uki Hastama. 

Sebelum penyerahan penghargaan "Liputan 6 Awards 2010", SCTV telah membentuk Tim verifikasi peraih "Liputan 6 Awards 2010" yang terdiri dari Dr Daniel Dhakidae, Deddy Mizwar, Don Bosco Selamun, Prof.Dr.Komaruddin Hidayat, Prof.Rhenald Khasali Phd, dan Toriq Hahad.

Tim verifikasi tersebut menyeleksi 28 nama calon peraih penghargaan "Liputan 6 Awards 2010" yang awalnya terdiri dari 1.143 nama. Melalui tayangan Liputan 6 SCTV dan masukan dari wartawan Liputan 6 SCTV, Tim verifikasi yang kredibel dan independen selanjutnya bekerjasama memilih nama untuk 6 kategori tahun ini.

Ke-enam figur peraih "Liputan 6 Awards 2010" adalah: Ari Sihasale-Nia Zulkarnaen (Seni Budaya), Arsinah Sumetro (Advokasi), Budi Soehardi (Pendidikan), Lourens Loho (Lingkungan Hidup), Silverius Oscar Unggul (Pemberdayaan Masyarakat), dan Almarhum Abdurrahman Wahid (Spesial Awards). 

"Mereka terpilih oleh Tim verifikasi atas dedikasi dan karyanya yang mampu memberdayakan masyarakat serta memberikan inspirasi bagi kemajuan bangsa," jelas Uki Hastama.

Penilaian Tim verifikasi dilakukan berdasarkan prestasi dan hasil karya, manfaat hasil karya bagi masyarakat, dan kekuatan inspirasi yang mengilhami bangsa.

Ari Sihasale-Nia Zulkarnaen sebagai peraih penghargaan kategori Seni Budaya merupakan pasangan yang telah banyak berkarya dalam  mengangkat budaya Indonesia.

Pilot Singapore Airlines, Budi Soehardi meraih penghargaan untuk kategori Pendidikan karena telah memberikan perhatian luar biasa bagi pendidikan anak-anak panti asuhan di Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Silverius Oscar peraih penghargaan kategori Pemberdayaan Masyarakat merupakan aktivis "Telapak" yang berusaha menghentikan pembalakan liar melalui program community logging di Sulawesi.

Sedangkan Lourens Loho meraih penghargaan bidang Lingkungan Hidup karena memberi inspirasi budidaya pohon bakau di Pantai Tiwoho Minahasa Utara.

Arsinah peraih penghargaan kategori Advokasi adalah figur yang telah mendirikan shlter Tenaga Kerja Indonesia di Entikong, Kalimantan.

Penghargaan khusus/special awards diberikan Liputan 6 SCTV kepada almarhum KH Abdurrahman Wahid atas jasa-jasanya dalam  memberikan inspirasi bagi masyarakat tentang keberanian berpendapat dan menerima perbedaan dalam hidup bermasyarakat.

"Penghargaan khusus ini akan terus berlanjut dalam setiap penyelenggaraan Liputan 6 Awards yang akan kami gelar tiap tahun" jelas Pemimpin Redaksi Liputan 6 SCTV Don Bosco optimis.(mla)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.