Sukses

Indonesia Teken 11 Kerja Sama dengan Arab Saudi, Apa Saja?

Presiden Joko Widodo dan Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud melaksanakan pertemuan bilateral.

Liputan6.com, Bogor - Presiden Jokowi dan Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud melaksanakan pertemuan bilateral. Berbagai isu dibahas dalam petemuan itu.

Setelah pertemuan itu, kedua negara menandatangani 10 nota kesepahaman. Kesepakatan ini merupakan kerja sama Indonesia dan Arab Saudi di berbagai bidang. Penandatanganan disaksikan langsung oleh Jokowi dan Raja Salman di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/3/2017).

Berikut 10 nota kesepahaman yang ditandatangani kedua negara:

1. Deklarasi pemerintah Kerajaan Arab Saudi perihal peningkatan pimpinan sidang komisi bersama Menteri Luar Negeri RI dan Menteri Urusan Luar Negeri Arab Saudi.

2. Pendanaan Saudi terhadap pembiayaan proyek pembangunan antara Saudi Fund for development dan pemerintah Republik Indonesia ditandatangani oleh Menteri Keuangan Republik Indonesia dan wakil direktur Saudi fund.

3. Nota kesepahaman kerja sama kebudayaan antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan Kementerian Kebudayaan dan Informasi Kerajaan Arab Saudi.

4. Program kerja sama antara Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia dan Otoritas Usaha Kecil dan Menengah Kerajaan Arab Saudi mengenai pengembangan usaha kecil dan menengah.

5. Nota kesepahaman antara Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Kementerian Kesehatan Kerajaan Arab Saudi di bidang kerjasama kesehatan.

6. Nota kesepahaman menganai kerja sama bidang aeronautica antara otoritas aero nautica pemerintah Republik Indonesia (Menteri Perhubungan) dan kerajaan Arab Saudi.

7. Program kerja sama Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan TInggi Republik Indonesia dan Kementerian Pendidikan Kerajaan Arab Saudi dalam bidang kerja sama scientific dan pendidikan tinggi.

8. Nota kesepahaman antara Kementerian Agama Republik Indonesia dan Kementerian Urusan Islam Dakwah dan bimbingan Kerajaan Arab Saudi di bidang urusan Islam.

9. Nota kesepahaman antara pemerintah Republik Indonesia dan pemerintah Kerajaan Arab Saudi di bidang kerja sama Kelautan dan Perikanan.

10. Program kerja sama perdagangan antara Kementerian Perdagangan Republik Indonesia dan Kementerian Perdagangan dan investasi Kerajaan Arab Saudi.

11. Perjanjian kerja sama dalam pemberantasan kejahatan antara Kepolisian Negara Republik Indonesia dan Kementerian Dalam Negeri Kerajaan Arab Saudi.

Raja Salman bin Abdulaziz menyambangi Indonesia pada 1-9 Maret 2017. Raja Arab Saudi itu membawa rombongan 1.500 orang termasuk 7 menteri dan 19 pangeran.

Di Jakarta, Raja Salman akan melaukan sejumlah agenda selama tiga hari, 1-3 Maret 2017. Selanjutnya mulai 4-9 Maret, Raja Salman dan rombongan akan menghabiskan waktu berlibur di Bali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.