Sukses

Saat Ahok dan Hujan Lebat Sambut Raja Salman

Liputan6.com, Jakarta Setelah menempuh perjalanan kurang dari 30 menit dari Bandara Halim Perdanakusuma, Raja Salman bin Abdulaziz al Saud akhirnya tiba di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu 1 Maret 2017. Di istana ini, Raja Salman dan rombongan disambut hujan deras dan angin kencang.

Pantauan Liputan6.com, Raja Salman tiba di Istana Bogor sekitar pukul 13.50 WIB. Kondisi hujan deras, membuat penyambutan Raja Arab Saudi itu pun tak bisa dilakukan dengan sejumlah atraksi, seperti pagelaran tarian, drumband, dan pasukan berkuda.

Terlihat para pemain drumband basah kuyup tanpa memainkan alat musiknya.
Tak hanya pemain drumband yang terkena guyuran hujan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi pun terlihat kecipratan sedikit air hujan saat menyalami Raja Salman.

Bagian punggung jas hitam yang dikenakan Jokowi terlihat basah terkena percikan air hujan. Begitu pula dengan sang Raja yang baru turun dari mobil, terlihat menyibak gamisnya yang terkena air hujan.

Saat turun dari mobil, Raja Salman menyalami Jokowi dan memberikan salam khas Timur Tengah dengan cium pipi kanan dan kiri. Usai bersalaman, Presiden Jokowi memperkenalkan para menteri kabinetnya.

Menko Polhukam Wiranto menjadi yang pertama menyalami Raja Salman. Lalu diikuti Menko Perekonomian Darmin Nasution dan Menko Pembangunan manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani. Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi juga ikut bersalaman dengan Raja Salman.

Usai bersalaman dengan Menteri Kabinet Kerja, terlihat ada pemandangan menarik. Raja Salman berbicara dengan penerjemah,yang diduga bertanya terkait Puan Maharani. Tak lama, Menko Puan pun mendatangi Raja Salman. Keduanya terlihat berbicara akrab dibantu penerjemah sekitar 2 menit.

Puan Maharani adalah anak dari mantan Presiden Megawati Soekarnoputri, yang juga cucu dari Presiden RI pertama Sukarno. Kemungkinan terkait silsilah itulah, Puan Maharani sempat berbincang kembali dengan Raja Salman.

Presiden pertama RI Sukarno pernah berkunjung ke Arab Saudi pada 1963. Kala itu, Sukarno bertemu raja kedua Arab Saudi yakni Raja Saud.

1 dari 3 halaman

Ahok dan Raja Salman

Istana Bogor merupakan lokasi pertama yang didatangi Raja Salman, tak lama setelah mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma, pukul 12.45 WIB. Di bandara, sang raja disambut Presiden Jokowi dan sejumlah pejabat tinggi. Di antaranya Menteri Agama dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Foto Ahok yang sedikit membungkuk menyalami Raja Salman beredar luas tak lama setelah penyambutan di bandara berlangsung. Di dalam foto, terlihat Ahok mengenakan setelan jas dan peci hitam. Raja Salman yang mengenakan jubah kebesarannya, melemparkan senyum kecil saat disalami Ahok.

Berapa menit kemudian, Ahok berkicau soal pertemuan itu. "Mendampingi Presiden Joko Widodo menyambut Raja Salman bin AbdulAziz al-Saud. Semoga membawa kebaikan utk hubungan kedua negara," cuit Ahok di akun twitternya, @basuki_btp. Foto yang beredar tersebut disertakan dalam tweet itu.

Menurut Ahok, ia diperkenalkan Presiden Jokowi ke Raja Salman. "Ya pokoknya dikenalin Presiden, salaman lalu dikenalin. Ini Kepala BIN, terus ini Gubernur Jakarta, ya aku salaman," ujar Ahok di Graha Niaga Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu 1 Maret 2017.

Hujan deras yang tak kunjung reda membuat sejumlah agenda penyambutan Raja Salman berubah. Upacara penyambutan juga terpaksa dipindah. Semula Raja Salman direncanakan turun di sisi kanan gedung utama Istana, namun karena hujan, sang Raja langsung turun di depan teras utama Istana dan tidak melakukan pemeriksaan pasukan.

Sebelumnya pihak Istana Bogor telah menyiapkan sebuah taman untuk Raja Arab Saudi, namanya Taman Al Saud (Al Saud Garden). Di taman yang terletak di sisi kiri belakang Istana Bogor ini, rencananya Raja Salman dan 16 pangeran akan menanam pohon.

Segala hal telah disiapkan, termasuk karpet hijau dan 17 titik untuk penanaman pohon.
Tapi kondisi cuaca yang tak bersahabat, membuat rencana ini gagal. Usai bersalaman, Raja Salman dan Jokowi masuk ke dalam mobil bernopol RI 1 yang mendatangi teras Istana. Pertemuan empat mata yang semula direncanakan di golf car kini beralih di dalam mobil kepresidenan, karena hujan belum juga reda.

Mobil yang membawa Raja Salman dan Jokowi ini mengitari Istana kemudian berjalan melalui sisi kanan Istana menuju beranda belakang Istana. Keduanya, kemudian turun dari mobil. Paspampres baik dari Indonesia maupun Arab Saudi sudah bersiap dengan payung di sisi kanan dan kiri. Raja Salman dan Presiden Jokowi turun dari mobil berjalan kaki menuju beranda belakang Istana.

Presiden Jokowi mengajak Raja Salman ke ruang pertemuan bilateral. Keduanya berbincang santai. Di ruang penandatanganan MoU sedang dipersiapkan proses pengisian buku tamu istana.

2 dari 3 halaman

Pertemuan Raja dan Presiden ke-7

Kedatangan Raja Salman disambut meriah oleh warga Ibu Kota dan warga Bogor. Sejak dari Bandara Halim, warga antusias berkumpul di sepanjang jalan menyambut Raja Salman dan rombongan.

Saat melewati Tugu Kujang, Bogor, ribuan warga bersorak-sorai menyambut kedatangan sang Raja. Warga dan pelajar yang berkumpul di sepanjang jalan menuju Istana Bogor melambaikan bendera Merah Putih dan Arab Saudi berukuran kecil ke arah iring-iringan Raja dan rombongan.

Raja Salman berkunjung ke Indonesia sejak 1 hingga 9 Maret 2017. Pada 1-3 Maret, Raja Salman yang membawa 1.500 rombongan, termasuk 14 menteri dan 25 pangeran, melakukan kunjungan kenegaraan. Selanjutnya pada 4-9 Maret 2017, Raja Salman dan rombongan akan berlibur ke Bali.

Raja Salman tiba di Indonesia menggunakan pesawat kerajaan. Saat mendarat, terlihat di tubuh pesawat tulisan Saudi Arabian.

Di pesawat berwarna putih itu juga terlihat tulisan God Bless You yang berarti Tuhan memberkatimu. Tepat di atas tulisan berbahasa Inggris ini terdapat tulisan berbahasa Arab berbunyi 'Allahu Yahfaduka' yang berarti Allah menjagamu.

Kedua tulisan tersebut berada di bawah kaca pilot pesawat, tepatnya di dekat pintu pesawat, yang berdampingan dengan gambar bendera Arab Saudi.

Kedatangan Raja Salman bin Abdulaziz al Saud ke Indonesia merupakan kunjungan bersejarah. Sebab, kunjungan ini terjadi setelah kunjungan terakhir Raja Arab, Faisal bin Abdulaziz , 47 tahun lalu.

Raja Salman merupakan raja ketujuh Arab Saudi. Ia diangkat pada 2015, setelah raja sebelumnya, Raja Abdullah meninggal. Raja Arab pertama adalah Raja Ibnu Saud, kemudian dilanjutkan Raja Saud, Raja Faisal, Raja Khalid, Raja Fahd, Raja Abdullah, dan Raja Salman.

Sementara Jokowi juga merupakan Presiden ke-7 RI. Jokowi dilantik menjadi presiden pada Oktober 2014 setelah memenangkan pemilihan presiden.

Pada kunjungan kenegaraan pertamanya, Rabu 1 Maret 2017, Raja Salman menyaksikan penandatanganan sejumlah kerja sama antara menteri kedua negara.

Di penghujung acara, Presiden Jokowi mengalungkan bintang penghargaan kepada Raja Salman, dan kemudian menutup pertemuan kenegaraan dengan saling cium pipi kanan dan kiri khas budaya Arab, dan Jokowi menggenggam tangan Raja Salman saat keluar dari ruang pertemuan.

Artikel Selanjutnya
Mudik Ala Barack Obama
Artikel Selanjutnya
Kendaraan Tempur Disiagakan untuk Jaga Obama di Bali