Sukses

Ketika Raja ke-7 Arab dan Presiden ke-7 RI Bertemu

Raja Arab akhirnya kembali ke Indonesia. Setelah 47 tahun, Raja ke-7 Arab ini bertemu dengan Presiden ke-7 RI.

Liputan6.com, Jakarta - Raja Arab Saudi Salman Abdulaziz al Saud akhirnya menapakkan kakinya di Indonesia. Kedatangan Raja Salman direncanakan berlangsung selama 9 hari dari 1 Maret hingga 9 Maret dengan kota tujuan Jakarta, Bogor, dan Bali.

Setelah 47 tahun dari kedatangan Raja Arab Faisal bin Abdulaziz ke Indonesia pada tahun 1970, kini Raja Arab kembali berkunjung ke tanah air. Raja ke-7 Arab ini disambut langsung Presiden ke-7 RI Joko Widodo.

Raja Salman merupakan Raja ketujuh Arab Saudi yang diangkat pada tahun 2015, setelah raja sebelumnya, Raja Abdullah meninggal.

Raja Arab pertama adalah Raja Ibnu Saud, kemudian dilanjutkan Raja Saud, Raja Faisal, Raja Khalid, Raja Fahd, Raja Abdullah, dan Raja Salman.

Sementara, Presiden Jokowi juga merupakan presiden ke-7 RI, setelah Soekarno, Soeharto, BJ. Habibie, Abdurrahman Wahid, Megawati Sukarnoputri, dan Susilo Bambang Yudhoyono.

Kedatangan Raja Salman ke Indonesia ini termasuk dalam rangkaian kunjungannya ke Asia. Selain itu, untuk memperkuat hubungan diplomatik di antara kedua negara ini.

Raja Salman tiba di Bandara Halim-Perdanakusuma pukul 12.48 WIB. Setelah bersalaman, Raja Salman dan Presiden Jokowi menuju Istana Bogor. Di sanalah keduanya melakukan pertemuan empat mata.

Tidak lama, kemudian keduanya keluar dari Ruang Karya Sukarno, Istana Bogor dan bercengkerama dengan para menteri.

Kedatangan Raja Arab ke Indonesia membawa rombongan 1.500 orang, termasuk 14 menteri dan 25 pangeran. Agendanya, Raja Arab dan rombongan berada di Jakarta pada tanggal 1-3 Maret. Kemudian, rombongan Raja Salman akan bertolak ke Bali untuk berlibur hingga tanggal 9 Maret.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.