Sukses

Raja Salman Panggil Puan Maharani di Istana Bogor, Bahas Apa?

Raja Salman terlihat berbicara dengan Puan Maharani sekitar 2 menit.

Liputan6.com, Jakarta - Saat tiba di Istana Bogor, Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al Saud disambut Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan para menteri kabinet Kerja. Usai upacara kenegaraan, para menteri Kabinet Kerja bersalaman dengan Raja Salman sembari memperkenalkan diri.

Menko Polhukam Wiranto menjadi yang pertama menyalami Raja Salman. Lalu diikuti Menko Perekonomian Darmin Nasution dan Menko Pembangunan manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani. Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi juga ikut bersalaman dengan Raja Salman.

Ada pemandangan menarik usai Raja Salman bersalaman dengan para menteri Kabinet Kerja. Raja Salman terlihat berbicara dengan penerjemah, yang diduga bertanya terkait Puan Maharani.

Tak lama kemudian, Menko PMK Puan Maharani mendatangi Raja Salman. Keduanya pun terlihat berbicara dengan dibantu penerjemah. Raja Salman terlihat berbicara dengan Puan Maharani sekitar 2 menit.

Puan Maharani adalah anak dari mantan Presiden Megawati Soekarnoputri, yang juga cucu dari Presiden RI pertama Soekarno. Kemungkinan terkait silsilah itulah, Puan Maharani sempat berbincang kembali dengan Raja Salman.

Mantan Presiden Soekarno pernah berkunjung ke Arab Saudi pada 1963. Kala itu, Soekarno bertemu dengan Raja Arab Saud, yang merupakan Raja Arab Saudi kedua. Sedangkan Raja Salman, merupakan raja ketujuh.

Setelah menempuh perjalanan kurang dari 30 menit dari Bandara Halim Perdanakusuma, Raja Salman tiba di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat. Kondisi cuaca yang hujan deras tampak menyambut rombongan Raja Arab Saudi itu di Kota Bogor.

Pantauan Liputan6.com, Raja Salman tiba di Istana Bogor sekitar pukul 13.50 WIB. Kondisi hujan deras terjadi saat Raja Salman sampai di Istana Bogor. Tampak Presiden Jokowi dan para menteri menyambut Raja Salman dan rombongan di depan Istana Bogor.

Sementara itu, meski kondisi hujan, ribuan warga Bogor dan pelajar yang menyambut Raja Salman tetap antusias berdiri menyambut kedatangan Raja Arab Saudi itu. Kondisi hujan deras tidak menyurutkan antusias warga menyambut kedatangan tamu negara itu.

Kendati demikian, ada sebagian warga dan pelajar yang berlindung di bawah pohon dan melindungi diri dengan payung untuk menghidari hujan.

Sementara itu, beberapa pegawai kantor yang di dekat Istana Bogor memanfaatkan waktu istirahat untuk turut menyambut kunjungan Raja Arab yang terbilang bersejarah ini.

Raja Salman tiba di Bandara Halim Perdana Kusumah pada pukul 12.45 WIB. Kedatangannya langsung disambut Presiden Joko Widodo dan beberapa pejabat kenegaraan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.