Sukses

Banjir Bandang, Tiga Bendungan Jebol

Tiga bendungan raksasa di Cina jebol karena tak mampu lagi menahan kuatnya banjir yang dipicu guyuran hujan deras di Selatan Cina. Evakuasi terhadap para korban banjir terus dilakukan di berbagai provinsi.

Liputan6.com, Hubei: Tiga bendungan raksasa di Cina, Selasa (20/7), menyemburkan air dengan derasnya. Sebab, bendungan tidak mampu lagi menahan kuatnya banjir yang dipicu guyuran hujan deras di Selatan Cina. Belasan tentara berjuang guna mengalihkan aliran air untuk mencegah hantaman banjir yang lebih parah di sekitar rumah-rumah warga.

Saat ini, evakuasi para korban banjir terus dilakukan di berbagai provinsi dengan menggunakan perahu karet. Sedikitnya 600 ribu orang telah diselamatkan dan dibawa ke pengungsian.

Banjir turut memicu tanah longsor yang menimpa ribuan rumah. Di Provinsi Shaanx, petugas mendapati 37 orang tewas, sementara 97 lainnya masih dalam pencarian. Sedangkan di Provinsi Sichuan, 13 warga hilang setelah longsor mengubur ribuan rumah serta ruas-ruas jalan.

Kementrian Urusan Sipil melaporkan jumlah korban tewas telah mencapai 146 orang, sementara 40 lainnya dinyatakan hilang. Cuaca ekstrim diprediksi masih berlanjut hingga sepanjang pekan ini yang akan mengancam level tertinggi ketiga bendungan serta bisa memicu banjir dasyat.(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini