Sukses

Polisi Tutup Sementara Jalur yang Dilalui Rombongan Raja Salman

Raja Salman dan rombongannya dijadwalkan akan berada di Indonesia pada 1 sampai 9 Maret 2017.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia akan kedatangan tamu Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud hari ini. Raja Salman bersama rombongannya diperkirakan tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur siang.

Kedatangan Raja Salman akan langsung disambut oleh Presiden Joko Widodo di depan pintu pesawat. Dari Bandara Halim Perdanakusuma, rombongan Presiden Jokowi dan Raja Salman akan menuju ke Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/3/2017).

Aparat kepolisian telah menyiapkan sejumlah pengamanan, termasuk rekayasa arus lalu lintas. Jalur yang dilalui rombongan Raja Salman dan Presiden Jokowi akan disterilkan sementara dari masyarakat umum.

"Untuk pengaturan di wilayah Jakarta, sesuai protap (prosedur tetap), tamu negara setingkat kepala negara prioritas dan steril," ujar Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto, Jakarta, Selasa 28 Februari 2017.

Bahkan, jalur persimpangan yang menyeberangi rute tersebut juga akan ditutup sementara. Dengan begitu, iring-iringan rombongan tamu negara ini akan berjalan lancar.

"Pada saat melewati simpang arus yang berlawaman dan menimbulkan crossing akan kita tutup," sambung dia.

Namun polisi enggan membeberkan titik mana saja jalur yang akan dilalui tamu agung ini. Yang pasti, pihaknya memastikan perjalanan Raja Salman dan rombongannya selama di Jakarta akan berlangsung aman dan lancar.

"Jalan yang akan dilewati kita pastikan aman tidak ada hambatan, rintangan yang dapat mengganggu perjalanan," ucap Budiyanto.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, pihak kepolisian sifatnya membantu dalam pengamanan kedatangan tamu negara ini. Kendali pengamanan ada pada Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dan TNI.

"Kepolisian berkoordinasi dengan Paspampres dan TNI. Kepolisian berada di ring empat, artinya bahwa polisi di luar lokasi sama di jalur," kata Argo, Jakarta, Senin 27 Februari 2017.

Raja Salman dan rombongannya dijadwalkan akan berada di Indonesia pada 1 sampai 9 Maret 2017. Hari pertama, Raja Salman akan bertemu dengan Presiden Jokowi dan menteri kabinetnya di Istana Bogor. Sorenya, Raja Salman langsung kembali ke Jakarta.

Kamis 2 Maret 2017, Raja Salman dijadwalkan akan berkunjung dan berpidato di Gedung DPR-MPR, Senayan, Jakarta. Selanjutnya, sang raja akan berkunjung ke Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

Pada Sabtu 4 Maret 2017, Raja Salman dan rombongan dijadwalkan sudah berada di Bali. Mereka akan menghabiskan waktu di Pulau Dewata hingga Kamis 9 Maret 2017.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.