Sukses

Jokowi: Anggaran Puskesmas Sudah Ditambah

Jokowi mengingatkan, pencegahan menjadi kunci utama dalam menangani berbagai masalah kesehatan yang dialami masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi sangat menaruh perhatian pada bidang kesehatan. Dia ingin dengan anggaran besar yang dimiliki, Kementerian Kesehatan beserta jajaran hingga ke desa bisa menyelesaikan masalah penyakit yang ada.

"Hati-hati Puskesmas anggarannya sudah ditambah. Saya ikuti terus masalah anggaran," kata Jokowi saat membuka Rakerkesnas Kementerian Kesehatan di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (28/2/2017).

Saat ini, anggaran kesehatan mencapai 5 persen dari total APBN yang ada. Kementerian Kesehatan mengelola Rp 58 triliun, kemudian untuk penggunaan Kartu Indonesia Sehat Rp 25 triliun, sisanya merupakan Dana Alokasi Khusus (DAK) ke berbagai daerah.

"Kalau anggaran itu ada kemudian kita tidak bisa menyelesaikan persoalan-persoalan di lapangan, pasti ada yang keliru. Entah kita disorientasi atau kita sudah keluar dari track. Inilah yang harus dibenarkan, ini harus dibetulkan. Kembali ke Puskesmas," ujar Jokowi.

Jokowi mengingatkan, pencegahan menjadi kunci utama dalam menangani berbagai masalah kesehatan yang dialami masyarakat. Pembelajaran kepada masyarakat oleh petugas kesehatan harus terus dilakukan.

Masyarakat harus diajarkan mana saja pola hidup sehat dan yang tidak. Mereka bukan tidak mau hidup sehat tapi kebanyakan tidak mendapat penyuluhan yang cukup tentang bagaimana hidup sehat.

"Kita kembalikan lagi kepada pola hidup sehat masyarakat kita. Entah pola makan, pola olahraga, digerakkan ke sana. Entah lingkungannya, sanitasi air bersih. Oleh sebab itu di sini hadir Pak Menteri PU karena ini berkaitan erat dengan infrastruktur itu. Enggak mungkin Kementerian Kesehatan bekerja sendiri tanpa didukung air bersih yang baik, sanitasi yang baik," papar Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.