Sukses

Rangkaian Kegiatan Raja Salman dan Jokowi di Istana Bogor

Presiden Jokowi akan menyambut langsung Raja Salman.

Liputan6.com, Jakarta - Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud akan disambut di Istana Bogor saat hari pertama di Indonesia, Rabu 1 Februari besok. Kepala Sekretariat Presiden Darmansjah Djumala mengatakan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan menyambut langsung Raja Salman.

"Beliau (Jokowi) menyambut di tangga pesawat," kata Djumala di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin 27 Februari 2017.

Usai penyambutan, Jokowi mengantar Raja Salman ke mobil kerajaan yang telah disiapkan. Setelah itu, mantan Wali Kota Solo itu menuju mobil kepresidenan untuk langsung menuju Istana Bogor guna persiapan penyambutan Raja Salman.

"Sekitar 10-15 menit nunggu rajanya. Karena penumpang lain kan ditunggu tuh. Jadi Pak Jokowi berangkat, sebagai tuan rumah menunggu di Istana Bogor," imbuh Djumala.

Dari 1.500 orang delegasi, plus 10 menteri dan 25 pangeran yang ikut dalam rombongan, tidak semuanya ikut dalam upacara penyambutan. Hanya 35 anggota delegasi dan 50 perangkat saja yang ikut bersama Raja Salman menuju Bogor.

"Disambut barisan anak-anak sekolah dengan barisan bendera di sepanjang jalan," tambah Djumala.

Informasi yang dihimpun, anak-anak dari berbagai sekolah di Bogor ini akan berbaris mulai dari Tugu Kujang hingga ke Istana Bogor. Mereka berdiri sambil mengibarkan bendera Merah Putih dan bendera Arab Saudi berukuran kecil di sisi kanan kiri jalan menuju Istana.

"Standar dari kunjungan kenegaraan. Ada penyambutan kebesaran, ada iringan kuda, ada drum band, ada pasukan tradisonal, ada dentuman meriam. Kemudian ada pemeriksaan pasukan," jelas dia.

Selama di Istana Bogor, beberapa kegiatan dilakukan Raja Salman beserta rombongan. Salah satunya penanaman pohon bersama di halaman belakang sayap kiri Istana Bogor.

"Pohonnya lagi kita pilih, macam-macam itu. Nanti akan macam-macam jenisnya, saya enggak hafal jenisnya," ucap Djumala.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.