Sukses

Polda Metro Jaya Akan Sterilisasi Rute Raja Salman di Jakarta

Ring satu, ring dua, dan ring tiga untuk pengamanan Raja Salman akan dijaga TNI dan Paspampres.

Liputan6.com, Jakarta Menjelang kedatangan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-saud ke Indonesia, Polri telah menyiapkan beberapa pengamanan di beberapa tempat yang menjadi persinggahan Raja Salman. Termasuk, sterilisasi jalanan yang akan dilalui Raja Arab dan rombongannya itu.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Argo Yuwono telah berkoordinasi dengan instansi pengamanan lainnya, seperti dari TNI dan Paspampres. Hasilnya, kepolisian akan berjaga di ring empat pengamanan Raja Salman.

"Jadi berkaitan dengan kedatangan Raja Salman nanti, kepolisian berkoordinasi dengan TNI dan Paspampres. Kepolisian berada di ring empat, artinya bahwa polisi di luar lokasi sama di jalur," ujar Argo di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (27/02/2017).

Sementara, ring satu, ring dua, dan ring tiga, Argo menyebutkan, akan dijaga TNI dan Paspampres. Pasukan berseragam juga akan diterjunkan saat kedatangan Raja Salman.

"Ada TNI, Paspampres, ada juga pasukan berseragam. Kita bergabung di situ, intelijensi kita juga bergabung. Dan nanti di luar dari lokasi dan jalur," kata Argo.

Mantan Humas Polda Jatim ini menerangkan, rute yang nantinya akan dilalui Raja Salman mulai dari Bandara Halim Perdanakusuma, dilanjutkan ke Istana Bogor dan kembali ke Jakarta.

Namun, Argo mengatakan, rute tersebut masih dikoordinasikan, mengingat jalur tersebut merupakan banyak dilalui masyarakat. Diharapkan masyarakat yang beraktifitas dapat berjalan dengan lancar tanpa terganggu oleh kedatangan Raja Salman.

Menurut Argo kemungkinan kepolisian akan sterilisasi jalur yang akan dilalui Raja Arab itu. "Ya, tentu saja sudah ada SOP adanya kunjungan kenegaraan VVIP, ada yang sudah kita lakukan."

"Nanti TNI dan Paspampres yang dikedepankan dan kita membantu jalannya kedatangan Raja Salman," Argo melanjutkan.

Meski ada rencana sterilisasi jalan, kata Argo, pihaknya masih menunggu terkait rencana penutupan jalan. Karena pihaknya masih menunggu jadwal rangkaian acara dari pihak panitia kunjungan Raja Arab.

"Kita belum mengetahui bagaimana detailnya, karena rundown kita belum dapatkan," kata dia.

Raja Salman akan berkunjung ke Bali pada pada 4-9 Maret mendatang, usai kunjungan kenegaraan di Jakarta pada 1-3 Maret. Raja Arab itu rencananya membawa sekitar 1.500 orang, termasuk 10 menteri dan 25 pengeran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.