Sukses

Masjid Raya Pertama di Jakarta Rampung Maret 2017

Arifin menyebut, saat ini pembangunan masjid raya tersebut sudah mencapai 80 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman DKI Jakarta, Arifin, mengatakan masjid raya pertama milik DKI Jakarta, yakni Masjid Rakyat Daan Mogot, Jakarta Barat, akan rampung pada Maret 2017.

Arifin menyebut saat ini pembangunan masjid raya tersebut sudah mencapai 80 persen.

"Berdasarkan kontraktualnya antara Dinas Perumahan dengan PT Totalindo Eka Persada itu akhir Maret 2017, secara fisik itu (pembangunan) sudah harus selesai. Kontraknya begitu," kata Arifin di Balai Kota, Jakarta, Senin (27/2/2017).

Menurut Arifin, nantinya masjid tersebut dapat menampung jemaah hingga 12.500 orang. "Kalau menara ada lima ya, mengacu pada rukun Islam," ucap Arifin.

Masjid itu juga dilengkapi dengan ruang serba guna, ruang perpustakaan dan kantor dewan masjid.

"Berbeda dengan masjid lainnya karena di situ ada ruang buat sarana pendidikan, ruang untuk ekonomi, ruang perkantoran, ruang-ruang yang memang diperuntukkan untuk itu," jelas Arifin.

Arifin menjelaskan bahwa masjid raya tersebut meniru konsep masjid yang dikenalkan Nabi Muhammad SAW, di mana masjid tidak hanya menjadi tempat ibadah, tetapi juga pusat pendidikan, sosial dan ekonomi.

"Konsepnya itu masjid Nabi ya, yang di dalamnya mengembangkan berbagai fungsi. Bukan cuma sarana ibadah, tapi juga sarana pendidikan, sarana sosial, dan sarana ekonomi," ucap Arifin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini