Sukses

Benahi Lahan Pemakaman, DKI Siapkan Rp 100 Miliar

Djafar Muchlisin mengatakan, anggaran untuk penambahan lahan pemakaman telah naik sekitar Rp 40 miliar dari tahun lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Kehutanan DKI Jakarta mengalokasikan anggaran Rp 100 miliar untuk membenahi sekaligus menambah lahan pemakaman, tahun ini.

Kepala Dinas Kehutanan DKI Jakarta Djafar Muchlisin mengatakan, anggaran untuk penambahan lahan pemakaman telah naik sekitar Rp 40 miliar dari tahun lalu.

"Kita ada Rp 100 miliar untuk perluasan area pemakaman. Tahun ini kita akan melakukan peningkatan, tahun kemarin kan kita hanya terserap Rp 60 mliar untuk pengadaan lahan pemakaman," ucap Djafar, Minggu 26 Februari 2017.

Selain menambah lahan pemakaman, lanjut Djafar, dengan anggaran tersebut pihaknya juga segera membenahi beberapa Taman Pemakamam Umum (TPU) yang tersebar di wilayah DKI Jakarta.

"Anggaran itu untuk biaya perluasan, pengadaan serta penataan taman makam. Tahun ini ada perbaikan, ada perluasan dan penataan," kata Djafar seperti dikutip dari Beritajakarta.

Sebelumnya, Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Iman Satria mengusulkan, agar Dinas Kehutanan menambah lahan pemakaman. Ini, katanya, seiring dengan makin bertambahnya jumlah penduduk di ibu kota.     

Dikatakan Iman, penduduk Jakarta tiap tahunnya selalu bertambah dengan masuknya pendatang serta angka kelahiran bayi. Selain itu, angka kematian di DKI Jakarta juga dinilai cukup tinggi.   

"Intinya tahun ini harus ada penambahan lahan pemakaman. Kalau enggak ditambah, nggak bakal cukup," ujar Iman, Minggu.

Iman juga meminta agar Dinas Kehutanan serius memberantas praktik pungli di areal Taman Pemakaman Umum (TPU). Dia meminta, agar dibentuk tim khusus untuk mencegah merebaknya praktik pungli.

"Harus dibentuk tim saber pungli (Sapu Bersih Pungutan Liar -red) supaya tak ada lagi masyarakat yang dirugikan oleh oknum pelaku pungli di TPU," ujar Iman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.