Sukses

Hasto PDIP Jadi Sekjen Paguyuban Jagoan Keris Nusantara

Hasto didaulat untuk melestarikan keris dan memperkenalkan senjata pusaka tradisional itu kepada generasi muda.

Liputan6.com, Bantul - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto terpilih secara aklamasi sebagai Sekretaris Jenderal Serikat Nasional Pelestari Tosan Aji dan Keris Nusantara (Senapati Nusantara) masa bakti 2017-2021 saat Musyawarah Agung Senapati Nusantara di Bantul, Yogjakarta, Minggu (26/2/2017).

Seusai terpilih, Hasto selaku ketua formatur menyusun kepengurusan Senapati Nusantara. Hasto mengapresiasi dirinya ditunjuk menjadi sekjen. Pasalnya, di Senapati Nusantara, Sekjen menjadi posisi tertinggi.

Hasto mengatakan dalam mewujudkan salah satu ajaran Trisakti Bung Karno yakni mewujudkan berkepribadian dalam kebudayaan maka anggota diharapkan memahami kebudayaan di tanah air, salah satunya melalui peninggalan keris ini.

"Keris dengan segala unsur filosofi di dalamnya telah diakui oleh UNESCO sebagai karya agung warisan budaya dunia," kata Hasto dalam pidatonya usai didaulat menjadi sekjen.

Hasto mengatakan akan melakukan konsolidasi organisasi termasuk kerjasama dengan pemerintah.

"Kami mendorong kerjasama strategis dengan pemerintah dan pemerhati tosan aji sehingga hasil proses kebudayaan ini bisa dilestarikan dan dipamerkan bersifat nasional," ucap Hasto.

Hasto menambahkan, Senapati Nusantara akan membuka ruang bagi generasi muda sehingga kalangan muda tertarik dengan tosan aji (senjata pusaka tradisional).

Usai pelantikan pengurus Senapati Nusantara, Hasto dan pengurus mengunjungi pameran keris serta melihat proses pembuatan keris.

Senapati Nusantara merupakan gabungan puluhan paguyuban Tosan Aji dan Keris se-Nusantara. Tugas dari Senapati Nusantara antara lain memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai keris sekaligus pelestariannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini