Sukses

Diplomasi Santai ala Presiden Jokowi dan PM Turnbull

Setelah berswafoto bersama, Presiden Jokowi dan PM Turnbull jalan santai sambil berbincang mengenai hubungan diplomasi antara kedua negara.

Liputan6.com, Jakarta - Udara pagi yang sejuk dimanfaatkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull untuk melakukan jalan pagi bersama di Royal Botanic Garden Sydney, Minggu pagi (26/2/2017). Sekitar pukul 7.30 waktu setempat, PM Turnbull tiba di lokasi terlebih dahulu. Tak lama Presiden Jokowi pun tiba di lokasi.

Dikutip dari keterangan resmi Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, di luar agenda resmi kenegaraan, kedua pemimpin negara itu terlihat mengenakan busana kemeja santai berjalan kaki selama kurang lebih 30 menit. Jokowi dan Turnbull mengelilingi taman yang berlatar belakang pemandangan Opera House Sydney dan Harbour Bridge.

Tak jarang, mereka berinteraksi dengan warga lokal yang sedang berolahraga pagi. Bahkan, PM Turnbull memperkenalkan Presiden Jokowi kepada beberapa warga Australia yang melintas termasuk kepada seorang ayah yang membawa bayi berusia 8 minggu.

Presiden Jokowi Jalan Santai dengan PM Australia PM Turnbull. (Liputan6.com/Biro Pers Sekretariat Presiden)

Pengamanan yang tidak begitu ketat, membuat jalan pagi berlangsung santai dan cair. Termasuk warga yang bebas melintas membuat suasana seolah tidak ada kepala negara yang hadir di sana.

Diplomasi jalan pagi, bisa jadi menjadi salah satu cara yang ampuh untuk meningkatkan hubungan antara kedua negara agar semakin baik di masa yang akan datang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.