Sukses

80 Kg Sampah Diangkut dari Perairan Pulau Pramuka

Umumnya sampah yang diangkut dari dasar laut Pulau Pramuka adalah kaleng, botol plastik, kaca bekas minuman, kantong plastik dan ban bekas.

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 40 penyelam bersih-bersih dasar laut di perairan Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, kemarin. Alhasil, puluhan kilogram sampah terangkut dalam aksi tersebut.

Sekretaris Kabupaten Kepulauan Seribu, Eric Pahlevi Zakaria Lumbun, mengatakan ada sebanyak 80 kilogram sampah yang berhasil diangkut tim penyelam.

"Umumnya sampah kaleng, botol plastik dan kaca bekas minuman, kantong plastik dan ban bekas," kata Eric, seperti dilansir dari Berita Jakarta, Minggu (26/2/2017).

Dia menjelaskan, dalam kegiatan, tim penyelam dibagi tiga kelompok. Mereka lalu menyisir sampah ke dasar laut Pulau Pramuka hingga kedalaman sekitar 12 meter.

"Aksi ini juga dibarengi dengan penanaman mangrove di sisi barat pulau," ujar Eric.

Menurut dia, bersih-bersih ini digelar untuk memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2017. Kegiatan tersebut diharapkan dapat menumbuhkan kepedulian warga terhadap lingkungan.

"Melalui kegiatan ini kita sekaligus mensosialisasikan ke warga untuk tidak membuang sampah ke laut," tandas Eric tentang peringatan HPSN di Pulau Pramuka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.