Sukses

Amien Rais: Dudukkan Politik Sesuai Porsinya

Amien Rais mengatakan, dalam mengedepankan kedaulatan dan keadilan di Indonesia dibutuhkan peran politik.

Liputan6.com, Ambon - Mantan Ketua MPR Amien Rais mengatakan, politik harus didudukkan sesuai porsinya dengan mengedepankan kedaulatan dan keadilan di Indonesia.

"Untuk menyeimbangkan politik dalam mewujudkan kedaulatan dan keadilan sosial, maka politik harus didudukkan sesuai porsinya," kata Amien dalam seminar Kedaulatan dan Keadilan Sosial dalam Mewujudkan Indonesia Berkemajuan, di Ambon, Sabtu (25/2/2017).

Amien mengatakan, dalam mengedepankan kedaulatan dan keadilan di Indonesia dibutuhkan peran politik. Tapi jika peran politik disalahgunakan, lanjut dia, maka hanya akan membawa kemudaratan daripada kemaslahatan.

Untuk mewujudkan Indonesia yang berkemajuan, keadilan sosial sudah menjadi harga mati, tapi persebaran kekuasaan dan kekayaan di Indonesia saat ini masih belum merata.

"Bagaimana keadilan sosial dapat terwujud, jika yang menguasai hanya sebagian orang saja," ujar Amien seperti dikutip dari Antara.

Untuk mendorong peran politik berjalan sebagaimana mestinya, menurut Amien, Muhammadiyah sebagai salah satu organisasi Islam yang besar juga harus meningkatkan perannya dalam perpolitikan di tanah air.

"Jangan sampai Muhammadiyah lepas dari politik, yang dapat mengancam gerak dakwah Muhammadiyah nantinya," kata dia.

Mantan ketua umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah itu berpesan, Muhammadiyah juga harus selalu mengingat tanggung jawab besarnya terhadap kemaslahatan umat, kendati terlibat dalam politik.

"Jangan haus akan kekuasaan politik semata, karena dalam politik tanggungjawab yang besar lebih diutamakan," ujar Amien.

Seminar Kedaulatan dan Keadilan Sosial dalam Mewujudkan Indonesia Berkemajuan adalah bagian dari kegiatan Tanwir Muhammadiyah yang digelar di Ambon, pada 24 - 26 Februari 2017.

Selain Amien Rais, mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah periode 2005 - 2015 Din Syamsuddin juga dihadirkan sebagai pembicara utama dalam seminar tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini