Sukses

Menengok Fasilitas Super Mewah Raja Salman Selama di Indonesia

Fasilitas super mewah yang didapat Raja Salman di Indonesia merupakan kunjungan bersejarah lebih dari 40 tahun silam, tepatnya 1970.

Liputan6.com, Jakarta - Kunjungan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulazis al-Saud‎ ke Indonesia pada awal Maret mendatang memiliki persiapan tak sederhana.

Tengok saja, mulai dari sterilisasi Bandara Halim, Gedung DPR yang bersolek, hingga toilet khusus raja di Masjid Istiqlal. Semua dilakukan guna kepuasan sang raja beserta 25 pangeran dan 1.500 rombongannya.

Hal tersebut bukan tanpa sebab, ini adalah kunjungan bersejarah raja Saudi ke Indonesia setelah lebih dari 40 tahun silam. Tepatnya pada 1970 di era Raja Faisal kala bertemu Presiden Soeharto.

Lalu apa saja fasilitas wahid sang raja yang kerap menjadi sorotan media belakangan ini? berikut rangkuman Liputan6.com:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sterilisasi Khusus di Bandara

Meski sampai saat ini belum ada kepastian kedatangan pesawat Raja Salman, namun untuk beberapa rombongan dari Arab Saudi diketahui akan tiba lebih dahulu sejak 28 Februari 2017. Hal ini mengharuskan prosedural protokoler untuk menutup bandara (sterilisasi).

"Karena ini penerbangan VVIP, biasanya ada protokolernya. Bandara akan ditutup 30 menit sebelumnya," kata‎ Presiden Direktur PT Jasa Angkasa Semesta (JAS), Adji Gunawan‎, di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat, 24 Februari 2017.

PT JAS Airport Service merupakan perusahaan yang telah ditunjuk untuk melayani ground handling seluruh penerbangan rombongan Raja Salman, baik pesawat kargo ataupun pesawat penumpang. Hingga Kamis kemarin, diketahui Pesawat Saudi Arabian (SV) yang mengangkut kargo milik Kerajaan telah berdatangan lebih dulu ke Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta dan Bandara Ngurai Rai Bali yang menjadi titik tujuan kunjungan Raja Salman di Indonesia.

"Penerbangan itu mengangkut barang-barang mewah yang akan digunakan selama di Indonesia, mulai dari alat-alat pengamanan, mobil Raja Salman, hingga tangga khusus turun dari pesawat Raja Salman," terang JAS.

3 dari 4 halaman

Lift Pribadi di Gedung DPR

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengatakan, lift pribadi raja tak hanya dibawa saat kunjungannya ke Indonesia. Sebab, fasilitas tersebut sudah menjadi standar Raja Arab dalam setiap kunjungannya.

"Raja Salman di atas 80 umurnya. Kedatangan beliau dipenuhi dengan persiapan-persiapan khusus, terkait dengan sistem pengamanan beliau sebagai raja dari negara berdaulat," kata Fahri di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat 24 Februari 2017.

Fachri menjelaskan, persendian raja sudah tidak sekuat anak muda, makanya dipakaikan lift (khusus).

"DPR juga sudah berkoordinasi dengan pihak Istana Presiden terkait pengamanan khusus untuk Raja Salman. Termasuk, menggunakan lift khusus yang dibawa sendiri oleh pihak Raja Arab ini," jelas dia.

4 dari 4 halaman

Toilet Khusus Berstandar Arab

Guna menunjang pelayanan kepada sang raja saat berkunjung ke Masjid Istiqlal, sebuah toilet khusus berstandar Arab dibangun pihak masjid.

"Toiletnya nanti ukuran beda (dengan orang Indonesia). Tinggi klosetnya 53 cm, kalau di Indonesia kan biasa 39-40 cm. Dilengkapi juga dengan pegangan, keset, biar tidak licin," kata Humas Masjid Istiqlal, Abu Hurairah, Jumat 24 Februari 2017.

Abu mengaku tidak ada yang terlalu mewah dalam pembuatan toilet khusus ini. Namun, tetap ada permintaan khusus pihak kerajaan seperti warna dan pengharum ruangan.

"Warna toilet, raja minta tidak mencolok, senada warna dinding marmer Istiqlal aja. Dan satu yang raja minta adalah pewangi ruangan aroma kayu gaharu. Raja tidak mau disemprot pengharum toilet, tapi itu bukan kami yang sediakan karena itu wangi khusus," jelas Abu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini