Sukses

Berpayung Hitam, Jokowi Tiba di Australia

Liputan6.com, Australia - Presiden Joko Widodo atau Jokowi tiba di Sydney, Australia, Sabtu, 25 Februari 2017. Sejumlah pertemuan penting akan digelar Jokowi bersama dengan Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull.

Hujam rintik menyambut Jokowi dan rombongan ketika tiba di Kingsford-Smith Sydney Airport. Keluar dari pesawat Kepresidenan Indonesia-1, Jokowi tampak mengenakan payung hitam.

Jokowi yang sudah rapi dengan setelan jas hitam memegang sendiri payung hitam itu. Sementara Iriana yang mengenakan setelan baju bernuansa hijau mendampingi.

Keduanya disambut Duta Besar Republik Indonesia untuk Australia Nadjib Riphat Kesoema dan Kepala Protokol Negara Australia Jared Marthin di depan pintu pesawat. Menteri Perdagangan, Pariwisata dan Investasi Australia Steven Ciobo turut menyambut di bawah tangga pesawat.

Kegiatan Jokowi di Australia diawali dengan menerima kunjungan kehormatan Premier of New South Wales, Gladys Berejiklian, dan pertemuan bisnis dengan pengusaha Australia.

Kedua pertemuan ini akan dilaksanakan di ruangan pertemuan hotel di mana Presiden menginap selama berada di Sydney.

Malam harinya, Presiden dan Ibu Iriana akan dijamu private dinner oleh Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull beserta Ibu Lucy Turnbull di kediaman pribadi PM Turnbull.

Peningkatan hubungan sebagai negara bertetangga menjadi agenda utama Presiden Jokowi dalam kunjungan kenegaraannya ke Australia pada tanggal 25-26 Februari 2017.

1 dari 2 halaman

Pastikan IACEPA Selesai

Jokowi memang hanya dua hari di Australia. Kegiatan dimulai pada 25 Februari. Presiden akan kembali ke Indonesia pada 26 Februari 2017. Meski singkat, misi kunjungan kenegaraan kali ini sangat penting.

Dari segi ekonomi, Presiden Jokowi dan PM Turnbull akan menyinggung pentingnya IACEPA (Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement) diselesaikan tahun ini.

Selain itu, beberapa potensi kerja sama lainnya di bidang investasi, pariwisata, dan pendidikan juga akan dibicarakan dalam pertemuan kali ini.

Dalam dua hari di Australia, Jokowi memulai kegiatan dengan menghadiri pertemuan bisnis dengan para pengusaha Australia di Sydney pada Sabtu sore. Kegiatan dilanjutkan dengan Jamuan Makan Malam oleh PM Turnbull di kediaman pribadinya.

Di hari kedua, Presiden Jokowi akan melakukan pertemuan bilateral dengan PM Turnbull. Dilanjutkan dengan melakukan pertemuan dengan Gubernur Jenderal Australia Lady Cosgrove sebelum kembali ke Tanah Air sore harinya.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam kunjungan kenegaraan ke Australia antara lain Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Kepala Badan Koordinasi dan Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong.

Sementara, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah berada di Sydney Australia sejak Jumat, 24 Februari 2017 untuk memimpin persiapan akhir kunjungan kenegaraan Presiden ke Australia ini.

  • Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014
    Jokowi
  • salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.
    salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.
    Indonesia
  • Australia