Sukses

Gus Mus: Orang Rendahkan Sesama Seperti Iblis Rendahkan Adam

Gus Mus itu mengingatkan agar seluruh warga Indonesia saling menghormati.

Liputan6.com, Jakarta - Mustasyar PBNU KH A Mustofa Bisri atau yang akrab disapa Gus Mus mengingatkan agar seluruh warga Indonesia saling menghormati. Dia mengatakan semua manusia sama derajat dan kedudukannya dalam hal apa pun.

Hal tersebut diungkapkannya dalam akun Twitternya @gusmusgusmu Jumat (24/2/2017).

"#TweetJumat: Orang yang merendahkan sesama makhluk Allah merasa dirinya lebih tinggi, seperti saat Iblis merendahkan Adam," tweet Gus Mus.

Sebelumnya, Gus Mus menilai banyak orang yang belum memahami arti berdakwah. Mereka sering menyamakan berdakwah dengan amar ma'ruf nahi mungkar, padahal keduanya sangat berbeda.

"Dakwah itu mengajak kebaikan, sementara amar ma'ruf artinya memerintah, nahi mungkar melarang. Kita harus bisa bedakan antara ajak, perintah, dan larangan," ucap Gus Mus seperti dikutip dari laman NU, Minggu, 19 Februari 2017.

Di hadapan ribuan jemaah yang memadati Lapangan Qudsiyyah Jl KHR Asnawi hingga meluber ke jalan, Gus Mus lebih banyak mengungkapkan keteladanan perjuangan pendiri NU asal Kudus KHR Asnawi. Menurut dia, Kiai Asnawi memiliki semangat berdakwah mengikuti Sunan Kudus warisan pemimpin agung Nabi Muhammad SAW.

"Ruhud Dakwah yang dikembangkan Kiai Mbah Asnawi dan ulama lainnya membuat ajaran Sunan Kudus ataupun Wali Songo masih berlaku hingga sekarang," ujar dia.

Kiai yang dikenal sebagai penulis dan pelukis ini juga menegaskan, ruhud dakwah yang dilakukan Wali Songo yang diwarisi para ulama termasuk KHR Asnawi, Islam bisa berkembang mayoritas di tanah air Indonesia.

"Dulu Mbah Asnawi mengajak orang masuk surga kelak, sekarang orang malah seakan ingin mengangkangi surga. Lainnya disuruh di neraka," kata Gus Mus menyindir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.