Sukses

Penjelasan BMKG tentang Jakarta Berkabut Siang Ini

Beberapa hari terakhir ini, Ibu Kota sempat berkabut diikuti guyuran hujan.

Liputan6.com, Jakarta - Langka, cuaca Jakarta tampak berkabut pekat hari ini, Jumat (24/2/2017). Di musim hujan tahun ini, kabut sempat terlihat menghalangi puncak-puncak gedung pencakar langit di Ibu Kota di siang hari.

Sebelumnya, beberapa hari terkahir ini Ibu Kota juga sempat berkabut diikuti guyuran hujan.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com di SCTV Tower, cuaca berkabut pekat tampak terlihat di Jakarta Selatan.

Menurut Hari Djatmiko, Kabid Humas BMKG, munculnya kabut pekat di Ibu Kota ini disebabkan adanya perbedaan suhu di bawah permukaan bumi, dibandingkan di atas. Ini dikenal dengan nama inversi, yang sifatnya sementara.

"Berkabut atau udara kabut di wilayah Jakarta itu disebabkan perbedaan temperatur di bawah permukaan bumi lebih dingin dibanding di atas. Itu lebih dikenal inversi, yang sifatnya sementara atau beberapa saat," papar Hari Djatmiko, saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (24/2/2017).

Kabut ini diikuti hujan lokal dengan suhu antara 24-32 derajat Celcius sempat turun mengguyur di hampir seluruh wilayah Ibu Kota, di antaranya Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur.

Cuaca kabut pekat yang menyelimuti Ibu Kota tidak berlangsung lama, hanya beberapa saat. Kabut akan hilang seiring cahaya matahari menorobos permukaan bumi.

"Kabut bisa hilang apabila radiasi matahari bisa menorobos permukaan bumi," kata Hari Djatmiko.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.