Sukses

Persiapan TNI AU Sambut Raja Arab di Bandara Halim Perdana Kusuma

Tak akan ada pengamanan berlebihan ketika Raja Arab datang ke Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia akan kedatangan tamu kenegaraan dari Arab Saudi. Raja Arab Saudi Salman bin Abdulazis al-Saud akan tiba di Indonesia pada 1 Maret 2017.

TNI pun tengah melakukan persiapan khusus untuk menyambut kedatangan Raja Salman. Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsekal Pertama TNI Jemi Trisonjaya menjelaskan, pengamanan ketat akan dilakukan di Bandara Halim Perdanakusuma. Sebab, pesawat VVIP dari rombongan Raja Arab akan diparkir di sana.

"‎Pengamanan ring I dilaksanakan oleh TNI AU, dalam hal ini Lanud Halim Perdanakusuma‎," kata Jemi saat dikonfirmasi Liputan6.com, Jumat, (24/2/2017), di Jakarta.

Mengenai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang diberlakukan, Jemi mengatakan, sesuai dengan kedatangan tamu-tamu VVIP seperti biasa. Dengan demikian tidak ada pengamanan yang berlebihan.

Bahkan Jemi juga memastikan pesawat Raja Arab ketika memasuki wilayah udara Indonesia tidak akan ada penjemputan atau penyambutan dengan menggunakan jet tempur milik TNI-AU.

"Perlakuan untuk tamu negara setingkat presiden sudah ada SOP-nya, dari TNI AU tidak ada pengawalan khusus (fighter), koordinator kegiatan ada di Kemenlu dan protokol Kepresidenan‎," ucap Jemi.

Raja Salman akan berada di Indonesia selama 10 hari. Pada 1-3 Maret Raja Salman akan melakukan kunjungan kenegaraan di Jakarta, dan 4-9 Maret akan menikmati liburan di Bali.

Kedatangan Raja Salman ini menjadi momen bersejarah bagi Indonesia dan Arab Saudi, mengingat kunjungan Raja Arab terakhir dilakukan 46 tahun lalu.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.