Sukses

Jokowi Minta Ahok Tak Pusingkan Dana Pembangunan MRT

Ahok mengatakan, untuk pembangunan tahap kedua dan ketiga nanti, Jokowi berpesan padanya pembangunan bisa didanai pinjaman asing

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengaku diminta Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo untuk tak terlalu memusingkan sumber pendanaan pembangunan mass rapid transit (MRT).

Menurut Ahok, pernyataan Jokowi itu disampaikan saat meninjau proyek MRT tahap pertama (Lebak Bulus - Bundaran Hotel Indonesia) bersama Ahok.

Ahok mengatakan, untuk pembangunan tahap kedua dan ketiga nanti, Jokowi berpesan padanya pembangunan bisa didanai pinjaman asing seperti halnya tahap pertama yang didanai pinjaman Jepang.

Tahap dua nantinya akan melayani rute Bundaran Hotel Indonesia (HI) - Ancol Timur dan tahap ketiga yang akan menghubungkan Cikarang, Jawa Barat - Balaraja, Banten.

"Beliau (Jokowi) katakan, jangan pikirkan dana," ujar Ahok usai meninjau pengerjaan konstruksi bawah tanah MRT di bakal Stasiun Setiabudi, Jakarta Pusat, Kamis, 23 Februari 2017.

Ahok menilai, saran Jokowi tersebut dimungkinkan karena ada banyak negara yang sudah tertarik memberi pinjaman untuk pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Sementara itu,nantinya saat telah beroperasi pada 2019, Ahok menyebut Pemerintah Provinsi DKI akan menjalankan mekanisme subsidi Public Service Obligation (PSO) atau subsidi yang membuat harga tiket MRT dapat terjangkau.

"DKI tanggung PSO itu dari pelaksanaan aturan ERP (electronic road pricing/jalan berbayar elektronik) nantinya. Sehingga terjadi administrasi keadilan sosial kan," ujar Ahok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

Video Terkini