Sukses

DPR Melunak Soal Besaran ONH

DPR tidak lagi mendesak Kementrian Agama untuk menekan biaya tidak langsung dalam pelaksanaan ibadah haji.

Liputan6.com, Jakarta: Pembahasan besaran ongkos naik haji masih alot kendati DPR menawarkan titik tengah. Dalam rapat konsultasi dengan Menteri Agama Suryadharma Ali, Jumat (16/7), DPR tidak lagi mendesak Kementrian Agama untuk menekan biaya tidak langsung. DPR akan memfoskuskan pembahasan untuk menekan komponen biaya langsung seperti biaya pemondokan jemaah.

Pemerintah menginginkan biaya pemondokan sebesar 3.000 real atau naik 500 real dari tahun sebelumnya. Sebaliknya, DPR meminta biaya pemondokan tetap pada angka 2.500. Karena tidak ada titik temu, DPR meminta Kementrian Agama mencari solusi terbaik agar tak memberatkan calon jemaah haji.

Dana optimalisasi atau bunga dari setoran awal jemaah haji akan digunakan, sehingga ongkos haji bisa turun secara signifikan. Dengan demikian diharapkan setidaknya biaya haji bisa turun lebih dari Rp 1 juta. Terlebih kurs dolar tidak setinggi tahun lalu. DPR berharap Senin pekan depan biaya penyelenggaraan haji sudah bisa ditetapkan.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.