Seleksi Liputan 6 Awards Berakhir

  • Lain-lain
  • 0
  • 17 Jul 2010 07:15
Liputan6.com, Jakarta: Ajang penghargaan bagi orang-orang  yang memiliki visi dan berkarya untuk membangkitkan inspirasi bagi warga Indonesia, Liputan 6 Awards telah melewati seleksi akhir. Enam calon penerima Liputan 6 Awards 2010 sudah dipilih melalui proses seleksi yang sangat panjang.

Selama sebulan terakhir, Liputan 6 SCTV mempersiapkan ajang ini untuk memilih figur yang memberi inspirasi dengan berbagai kiprah dan prestasinya. Ajang ini sekaligus ingin menunjukkan bahwa masih ada figur di Indonesia yang mampu memberikan kontribusi nyata dalam kehidupan masyarakat.

Para kandidat penerima penghargaan ditentukan dari hasil polling pemirsa serta seleksi nama dari 150 koresponden SCTV di seluruh pelosok negeri. Sekitar 1.000 nama tersaring sebagai calon penerima award yang kemudian mengerucut menjadi 28 nominator. Mereka mewakili bidang lingkungan hidup, ilmu pengetahuan dan teknologi, sosial kemasyarakatan, seni dan budaya, serta kesehatan. Selama dua hari terakhir ini, enam orang juri berdiskusi, bahkan diwarnai silang pendapat guna memilih enam figur yang dinilai layak menjadi inspirasi masyarakat.

Menurut Pemimpin Redaksi Liputan 6 SCTV Don Bosco Selamun, ajang ini memperlihatkan masih ada mutiara di Indonesia yang sedang kotor dengan korupsi dan politik. "Kita berharap, inspirasi Indonesia ini bisa dilihat sebagai bukti bahwa masih ada harapan dan masih ada hal yang positif di tengah-tengah situasi seperti ini," tegas Don Bosco.

Para juri mengaku mendapat pengalaman berharga selama mengikuti sesi penjurian. Rektor Universitas Islam Negeri Jakarta Komaruddin Hidayat, misalnya, mengaku salut dengan para kandidiat. Selain memiliki visi membangun masyarakat, para nominator dinilainya sebagai figur yang telah berbuat banyak meski tidak didukung fasilitas memadai.

Juri lainnya, Daniel Dhakidae, mengakui ketekunan dan kemandirian seluruh nominator Liputan 6 Awards. Menurutnya, seluruh kandidiat mampu menampilkan sisi lain dari drama kehidupan yang harus menjadi cermin dari setiap warga di negeri ini.

Sedangkan Rhenald Kasali, Ketua Program Magister Manajemen Universitas Indonesia, menilai cara berpikir sejumlah nominator sangat berbeda, namun mampu memberikan pengaruh positif terhadap lingkungannya, sebuah hal yang semestinya dimiliki setiap orang.

Sebagai Kepala Pemberitaan Korporat Majalah Tempo, Torig Hadad yang juga menjadi salah satu juri memuji figur yang ada dalam nominasi penerima Liputan 6 Awards. Menurutnya, Liputan 6 SCTV telah mengambil langkah yang tepat dengan memunculkan orang-orang yang berpengaruh bagi negara ini.

Hal itu diamini Deddy Mizwar, aktor kawakan yang ikut didapuk sebagai juri. Deddy menilai sosok yang terpilih sebagai nominator adalah mereka yang memiliki keunikan dan pantas untuk menerima apresiasi dari hasil kerja keras dalam meningkatkan nilai sosial dan kemanusiaan [baca: Profil Nominator dan Dewan Juri].(ADO)

Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler