Sukses

Pegawai Honorer K2 Demo di KemenPAN-RB, Sudirman-Pattimura Macet

Indra menyebutkan, para pegawai honorer K2 itu berasal dari berbagai kabupaten yang di Jawa Barat dan Banten.

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan anggota Forum Honorer Ketegori Dua (K2) Indonesia berunjuk rasa di depan Gedung Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan.

Mereka menuntut KemenPAN-RB agar menaikkan status pekerja honorer K2 menjadi pegawai negeri sipil (PNS), tanpa melalui prosedur ataupun tes yang ditetapkan pemerintah.

"Mereka datang untuk menuntut kenaikan status dari pegawai honorer menjadi pegawai negeri sipil, tanpa melalui tes dan juga tanpa adanya pelarangan batas umur," kata Indra, perwakilan dari Forum Honorer K2 Indonesia kepada Liputan6.com, Jakarta Selatan, Kamis (23/2/2017).

Indra menyebutkan, pegawai honorer K2 itu berasal dari berbagai kabupaten yang di Jawa Barat dan Banten. Seperti pegawai dari Kabupaten Serang, Tasikmalaya, dan Karawang.

"Massa aksinya dari berbagai wilayah, ini aksi nasional, setiap wilayah mengirim perwakilannya," Indra menandaskan.

Sementara, dari pantuan di lokasi, para demonstran membawa berbagai atribut seperti bendera dan spanduk yang berisi kata-kata tuntutan mereka.

Mereka menggunakan pakaian berwarna merah dan sebagian berpakaian putih dengan celana panjang hitam. Di antara mereka berorasi secara bergantian.

Unjuk rasa ini mengakibatkan kemacetan di kawasan Sudirman, bahkan nyaris lumpuh. Sejumlah polisi terlihat mengatur lalu lintas dan mengamankan unjuk rasa damai itu.

Kepolisian menutup Jalan Sudirman arah Pattimura. Sedangkan, kendaraan yang melewati Jalan Sudirman menuju Blok M, dialihkan melewati Jalan Sisingamangaraja. Jalan Sudirman arah Jalan Pattimura selain dipergunakan untuk unjuk rasa, juga untuk lahan parkir bagi demonstran.

Jalan Pattimura terpaksa digunakan sebagai tempat parkir karena para demonstran yang datang dari berbagai daerah itu menggunakan belasan bus yang terparkir tak jauh dari gedung KemenPAN-RB itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.