Sukses

Harga Sembako Semakin Meroket

Harga sejumlah kebutuhan pokok di Grobogan, Jawa Tengah, kembali mengalami kenaikan sejak dua hari terakhir.

Liputan6.com, Grobogan: Harga sembako di Grobogan, Jawa Tengah, kembali mengalami kenaikan untuk yang kedua kali. Kenaikan pertama terjadi sebelum pemberlakuan tarif dasar listrik yang baru, awal Juli silam. Dari pantauan SCTV di Pasar Tradisional Purwodadi, Jumat (16/7), hampir semua jenis sembako mengalami kenaikan.

Harga gula pasir dari Rp 7.000 menjadi Rp 10 ribu per kilogram. Telor ayam naik menjadi Rp 13 ribu per kg dari harga semula Rp 11 ribu. Sedangkan minyak goreng naik Rp 250 per bungkus.

Sementara untuk semua jenis beras naik antara Rp 500 sampai Rp 750. Bumbu dapur, seperti bawang putih naik dari Rp 17 ribu menjadi Rp 20 ribu per kg.

Akibat kenaikan itu, omzet para pedagang turun karena jumlah pembeli menurun. Gagal panen akibat cuaca buruk diduga ikut mempengaruhi kenaikan harga sembako. Diperkirakan, kenaikan harga sembako masih akan terjadi di masa mendatang, terutama menjelang puasa.(IDS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini