Sukses

106 Warga Timur Tengah Terjaring Razia di Kawasan Puncak

Liputan6.com, Bogor - Ratusan warga Timur Tengah terjaring razia petugas Direktorat Jenderal Imigrasi dan Kantor Imigrasi Bogor, di kawasan Puncak Bogor dan Cianjur. Ke-106 warga asing itu terjaring razia karena tidak dapat menunjukkan paspor aslinya.

Untuk pemeriksaan lebih lanjut, mereka digiring ke Kantor Direktorat Jenderal Imigrasi, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Jakarta.

Adapun ratusan WN Timur Tengah tersebut berasal dari Arab Saudi, Yaman, dan Maroko. Mereka terjaring razia di sejumlah vila di kawasan Puncak Bogor dan restoran Al Jazeera di Cianjur.

Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan (Wasdak) Kantor Imigrasi Bogor, Arief Hazairin Sutoto membenarkan telah menjaring sebanyak 106 warga Timur Tengah di kawasan Puncak Bogor dan Kota Bunga, Cianjur.

"Kita hanya mendampingi saja. Lebih lanjutnya bisa direktorat mas," kata Arief melalui pesan singkatnya kepada Liputan6.com, Rabu, 22 Februari 2017.

Razia dipimpin langsung oleh Direktur Pengawasan dan Penindakan Kemigrasian Direktorat Jenderal Imigrasi Pusat, Yurod Saleh dan Kepala Imigrasi Bogor, Herman Lukman.

Dalam razia tersebut petugas menyisir tempat-tempat penginapan dan restoran yang biasa digunakan para wisatawan asal Timur Tengah berkumpul dan bermalam. Dalam Pelaksanaan razia tersebut berhasil mengamankan 106 orangĀ  WNA yang tidak dapat menunjukkan paspor aslinya.

Ratusan WNA tersebut antara lain 5 orang terjaring di Al Jazeera Cipanas dan 16 orang di Al Jazeera Kota bunga, Kabupaten Cianjur. Kemudian. 35 orang di Villa Cokro Puncak Bogor, dan di Villa Sindang Subur Puncak Bogor sebanyak 5 orang.

Selanjutnya, sebanyak 16 oran diamankan di Villa Golf Puncak Bogor, 5 orang di Villa Baba Puncak Bogor, 9 orang di Villa Mega Prapto Puncak Bogor.

Kemudian 4 orang diamankan di Villa Sakarina Puncak Bogor, 4 orang diamankan di Villa Dita Puncak Bogor, lalu di Royal Al Jazeera Puncak Bogor 1 orang, dan 3 orang diamankan di Bumi Pratama Villa Puncak Bogor.

Terakhir di Moro Seneng Villa Puncak Bogor diamankan 1 orang dan 2 orang diamankan di Villa Raja Puncak Bogor.