Sukses

Di Depan PGRI Cirebon, Kang Dedi Cerita Pendidikan Vokasional

Dihadapan Keluarga Besar PGRI Kabupaten CIrebon, Kang Dedi bercerita tentang Pendidikan Vokasional yang sukses mendidik karakter pelajar.

Liputan6.com, Jakarta Di bidang pendidikan, Pemerintah Kabupaten Purwakarta memiliki program unggulan yakni Pendidikan Vokasional yang sudah efektif diberlakukan sejak tahun 2016 lalu. Ketika menjadi nara sumber dalam Pembinaan Keagamaan Keluarga Besar PGRI Kabupaten Cirebon, Bupati Purwakarta berbagi pengalaman tentang penerapan kebijakan pendidikan vokasional.

Kang Dedi, sapaan akrabnya berkelakar bahwa kebijakan pendidikan vokasional telah berhasil mendidik karakter pelajar sehingga mampu berpikir bukan saja akademis melainkan juga aplikatif.

Pasalnya, dengan pemberlakukan kebijakan ini, sisi akademik pelajar dapat terlatih di dalam kelas, sementara sisi aplikatifnya dapat terlatih saat pelajar tersebut turut serta membantu pekerjaan orang tuanya.

“Anak harus berpikir bagaimana susahnya orang tua mencari uang, sehingga mereka punya motivasi untuk menjadi lebih baik dari orang tuanya. Kalau hari ini mereka adalah anak sopir angkot maka kelak minimal mereka harus mampu menjadi juragan angkot,” kata Kang Dedi di Gedung PGRI Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Selasa (21/2) lalu.

Pria yang selalu mengenakan pakaian khas Sunda itu juga menceritakan puteranya mengikuti program vokasional yang ia canangkan. Ia berujar, putera keduanya, Yudhistira Manunggaling Rahmaning Hurip harus memeriksa agenda kegiatan Bupati setiap hari Selasa minggu pertama dan ketiga dalam setiap bulannya. Sebagaimana diketahui, program vokasional ini ini diberlakukan sebanyak sebulan dua kali.

“Kata siapa jadi anak bupati itu enak? Anak saya harus mengetahui dan menyiapkan agenda saya setiap program ini berlangsung, dia harus menyiapkan air mandi dan membersihkan sepatu, dia pun harus ikut berkegiatan dengan saya,” katanya menambahkan.

Dedi mengakui, pada awal pemberlakuannya, program ini mendapatkan protes keras dari masyarakat. Namun, kini justru masyarakat mengapresiasinya karena dinilai mampu membentuk karakter pelajar. Bahkan, Kementerian Pendidikan saat ini tengah menjadikan Kabupaten Purwakarta sebagai rujukan pendidikan karakter nasional.

Dihadapan Keluarga Besar PGRI Kabupaten CIrebon, Kang Dedi bercerita tentang Pendidikan Vokasional yang sukses mendidik karakter pelajar.

Selain program unggulan tersebut, Dedi pun sempat berbagi beberapa program unik lain kepada Guru se-Kabupaten Cirebon, seperti Pendidikan Ideologi Kebangsaan yang melibatkan Polisi dan TNI dan Pendidikan Baca Tulis Al Qur’an juga pendalaman Kitab Kuning bagi pelajar muslim dan kitab lain sesuai dengan agama dan keyakinan yang dianut oleh pelajar di Purwakarta.

Seluruh program ini telah masuk ke dalam mata pelajaran muatan lokal yang ada dalam kurikulum untuk pelajar di Kabupaten Purwakarta. Khusus untuk program vokasional, pihak sekolah mewajibkan para orang tua untuk mengunggah kegiatan anaknya melalui akun sosial media milik mereka.

Powered By:

Kabupaten Purwakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini