Sukses

Hari ke-3 Banjir Cipinang Melayu, Pengungsi Mulai Bersihkan Rumah

Tenda bantuan dari BNPD akan tetap siaga di lokasi pengungsi banjir karena masih menunggu kondisi cuaca Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Banjir yang melanda daerah Cipinang Melayu, Jakarta Timur telah memasuki hari ke-4. Meskipun banjir di perumahan warga Cipinang Melayu sudah surut, posko pengungsi yang terletak di Masjid Universitas Borobudur masih dipadati warga.

"Hari ini warga yang ngungsi sudah mulai pada bersih-bersih, emang masih banyak juga sih yang mondar-mandir," ujar Kepala Satuan Pelaksana BPBD DKI Jakarta Husein Murad di Posko BNPB, Halaman Masjid Borobudur, Jakarta Timur, Rabu (22/2/2017).

Dari total 1.093 pengungsi yang berada di Universitas Borobudur, Husein memaparkan, kemungkinan siang nanti warga yang rumahnya menjadi korban kebanjiran akan meninggalkan posko pengungsi. Namun, tenda bantuan dari BNPD akan tetap siaga di lokasi pengungsi karena masih menunggu kondisi Jakarta.

"Kami dari BNPD akan tetap menyiagakan tenda bantuan kami soalnya menunggu kondisi cuaca, nanti kalau dibuka tiba-tiba hujan kan repot, makanya kita siaga aja," terang dia.

BNPD mengakui, bantuan dari posko pengungsi saat ini lebih banyak instansi yang terlibat dalam penanganannya. Dari data BNPD terdapat 26-30 posko bantuan yang terdiri dari berbagai macam institusi dan lembaga, baik pemerintahan, perusahaan swasta maupun lembaga swadaya masyarakat.

"Kami di sini cukup terbantu oleh posko-posko dari pemerintah dan NGO, dua hari ini banyak posko-posko bantuan yang didirikan, kayak ada dari BAZNAS, Dompet Dhuafa, PKPU. Kemarin juga ada Orari," ujar Husein.

Sementara itu, pemerintah Kota Jakarta Timur akan mengurus berbagai hal terkait pemulangan pengungsi ke rumahnya masing-masing.

"Selepas pemulangan kita bersihkan dengan mengerahkan PPSU, terus kalau memang air sudah surut, kita akan cek PLN buat hidupin listrik di rumah warga yang mati, terus juga kita fogging ke setiap rumah warga," terang Wakil Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar.

Sama halnya dengan BNPD, tenda-tenda posko dari Pemprov Jaktim nantinya akan mengikuti kondisi cuaca yang terjadi di wilayah Jakarta.

"Dari SOP tenda Posko bantuan Jaktim akan diselesaikan nunggu sampai 3 hari, ya kondisional aja sih," terang dia.

Banjir Cipinang Muara yang terjadi pada Minggu malam menggenangi 7 RW di kelurahan Cipinang Melayu Jakarta Timur. Dua RW yang terparah tergenang air yakni RW 04 dan RW 03, sehingga menyebabkan seluruh warganya mengungsi ke Masjid Univeritas Borobudur.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.