Sukses

Jokowi Pantau Terus Perkembangan Kasus Siti Aisyah

Presiden Jokowi diam-diam memantau jalannya proses hukum yang dijalani Siti Aisyah di Malaysia.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Indonesia terus melakukan pendampingan hukum terhadap Siti Aisyah , yang kini ditahan Malaysia terkait dugaan pembunuhan kakak tiri pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un, Kim Jong-nam. Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) selalu mendampingi jalannya proses hukum perempuan asal Serang, Banten itu di Malaysia.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi diam-diam juga memantau jalannya proses hukum yang dijalani Siti Aisyah. Bahkan, Jokowi mengikuti terus perkembangan kasus Aisyah.

"Kita ikuti terus perkembangannya (Siti Aisyah)," kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (21/2/2017).

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi merespons pernyataan Menlu Malaysia Anifah Aman yang mengatakan, negaranya belum bisa memberikan akses kekonsuleran terhadap Siti Aisyah. Hal itu terkait ketentuan hukum yang berlaku di Negeri Jiran tersebut.

Menanggapi pernyataan Anifah yang dikeluarkan saat pertemuan trilateral RI, Malaysia, Vietnam di Filipina, Retno bersikeras agar segera dibuka akses kekonsuleran bagi Siti yang dituduh terlibat pembunuhan kakak pemimpin Korut Kim Jong-un, Kim Jong-nam itu.

"Pemberian akses kekonsuleran (terhadap Siti Aisyah) merupakan wajib diberikan secepatnya sesuai dengan konvesi Wina," jelas Retno dalam keterangan pers Kemlu, Selasa (21/2/2017).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.