Sukses

Tekad Kepala BNN Buwas Basmi Ganja di Aceh

Menurut Buwas, Indonesia sudah menjadi penghasil ganja, khususnya di Aceh.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Budi Waseso atau Buwas berencana menghilangkan tanaman ganja di Aceh. Hal ini disampaikannya dalam rapat bersama Menko Polhukam Wiranto dan jajaran menteri lainnya.

Menurut dia, Indonesia sudah menjadi penghasil ganja, khususnya di Aceh. Oleh karena itu, penanganannya harus dibuat sedemikian rupa, dengan membuat program alternatif.

"Kita harus melibatkan seluruh lembaga dan kementerian terkait. Karena ini harus ditangani bersama-sama," ucap Buwas di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (21/2/2017).

Menurut dia, harus ada solusi mengatasi penanaman ganja yang dilakukan masyarakat di Tanah Rencong itu. Mantan Kabareskrim Polri tersebut mengusulkan harus ada pengganti tanaman yang lebih mempunyai nilai ekonomi, untuk masyarakat di sana.

"Jadi kita bukan hanya melakukan penindakan, tapi kita juga harus melakukan upaya pencegahan. Upaya itu dengan mengajak masyarakat untuk paham dan mau melakukan," jelas Buwas.

Buwas menuturkan, bisa saja tanaman yang diproduksi masyarakat berupa cabai, jagung, kopi atau cokelat. Namun, semuanya harus melalui persetujuan Kementerian Pertanian dan Kehutanan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.