Sukses


Pimpinan MPR Sosialisasikan Empat Pilar di Bitung

Liputan6.com, Bitung - Wakil Ketua MPR, EE Mangindaan, menyosialisasikan empat pilar dalam bernegara bagi ratusan pelajar SLTA dan sederajat di Kota Bitung, Sulawesi Utara.

"Empat pilar negara adalah hal yang harus dipahami secara dini oleh generasi muda sehingga prinsip-prinsip bhineka tunggal ika tertanam dan tidak mudah terpengaruh dengan berbagai paham-paham lain yang akan merusak rasa cinta tanah air," kata Mangindaan, di Bitung, Selasa 21 Februari 2017.

Dia menjelaskan pelaku empat pilar adalah manusia terutama pemimpin. Sebab, pada dasarnya, manusia lah yang menjadi penentu.

SDM yang diperlukan, lanjut dia, terutama yang memiliki moral baik. Juga kemampuan kepemimpinan, manajerial dan teknis seorang pemimpin.

"Seorang kepala daerah perlu didukung oleh aparat yang mempunyai empat kualifikasi tersebut, di berbagai level jabatan dan fungsinya," ujar Mangindaan seperti dilansir Antara.

Menurut dia, beberapa sistem yang harus dibangun agar pemerintahan dapat berjalan baik antara lain, sistem perencanaan pembangunan, sistem pengelolaan keuangan daerah, sistem kepegawaian, sistem pengelolaan aset daerah, sistem pengambilan keputusan, sistem penyeleksian dan pemilihan rekanan, standar pelayanan, dan sistem pengawasan.

"Tidaklah mungkin suatu pemerintahan daerah hanya mengandalkan dana dari APBD untuk membangun daerahnya," ucap Mangindaan masih terkait empat pilar.

 

Artikel Selanjutnya
Sistem Seleksi Terbuka JPT akan Segera Ditinggalkan
Artikel Selanjutnya
Menteri PANRB dan Mendagri Sepakat Percepat Penerapan E-gov Pemda