Sukses

Banjir Akibat Luapan Kali Mampang Mulai Surut

Wilayah Mampang lainnya yang juga terkena banjir akibat dampak luapan Kali Mampang yakni Jalan Kemang Utara 9.

Liputan6.com, Jakarta - Meluapnya Kali Mampang membuat daerah sekitarnya terendam banjir. Salah satu daerah yang terkena dampak dari luapan Kali Mampang yakni Duren Bangka, Kemang Utara 9, dan Jembatan Sumbangsih di Jakarta Selatan. Akses menuju Jalan Buncit Raya ke arah Kemang Utara dan Duren Tiga pun ditutup akibat banjir setinggi 1 meter.

Menurut salah satu petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Bangka, banjir Mampang sudah terjadi sejak pukul 5.00 WIB. Sejak itu pula para petugas Sudin Tata Air, PPSU hingga BNPD telah dikerahkan untuk mengantisipasi banjir.

"Dari pagi jam 5 ini kita siaga, soalnya Kali Mampang meluap. Ini Jalan Duren Bangka juga sudah ditutup," ujar seorang petugas PPSU di Jalan Duren Tiga, Mampang, Jakarta Selatan, Selasa (21/2/2017).

Ia pun menerangkan, jika banjir yang terjadi saat ini berketinggian hingga selutut orang dewasa. Sehingga kendaraan motor maupun mobil disarankan tidak melewati.

"Jalan Duren Bangka ditutup, tinggi air sampai 50 cm hingga 30 cm di atas lutut," ujar dia.

Sementara itu, wilayah Mampang lainnya yang juga terkena dampak luapan Kali Mampang yakni Jalan Kemang Utara 9 yang berdekatan dengan Pasar Buncit.

Menurut salah seorang warga bernama Masykur, banjir yang merendam rumahnya di Kemang Utara mencapai ketinggian hingga kepala orang dewasa.

"Ini banjirnya dari sekitar jam 06.00 sampai jam 10.00 masih belum surut. Kalau sampai bawah sana dekat pasar sudah sampai kepala airnya. Sekarang paling surutnya 10-20 cm," terang dia.

Pantauan Liputan6.com, banjir yang melanda wilayah Mampang hingga pukul 11.00 sudah mengalami penyusutan. Hal ini dikarenakan hujan telah berhenti dan kesiapan dari petugas PPSU dan Dinas Tata Air setempat yang telah menanggulangi bencana banjir Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini