Sukses

Terendam Banjir, 2 Sekolah di Bekasi Diliburkan

Daryati menambahkan, setiap hujan berkepanjangan kedua sekolah di Bekasi ini kerap terendam banjir.

Liputan6.com, Bekasi - Dua sekolah di Bekasi, yaitu SDN Harapan Mulya 01 dan 03 di Jalan Kalibaru Timur, Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi, terpaksa diliburkan karena terdampak banjir.

Air setinggi setengah meter masuk ke pekarangan sekolah tersebut. Tak hanya itu, banjir juga menggenangi sejumlah rumah warga yang tak jauh dari kedua lokasi tersebut.

Guru SDN Harapan Mulya 01 Kalibaru Timur Bekasi, Daryati mengatakan, banjir mulai merendam sejak Minggu 19 Februari kemarin. Air merendam seluruh ruangan di sekolah, dari ruang kelas, ruang guru, tata usaha, hingga musala sekolah.

"Akses menuju sekolah ini yang lebih parah terendam banjir mencapai 1 meter. Sehingga, dirasa perlu diliburkan, agar menghindari hal-hal yang tak diinginkan," kata Daryati, Senin (20/2/2017).

Ia menambahkan, setiap hujan berkepanjangan kedua sekolah ini kerap terendam banjir. Namun, banjir kali ini lebih parah dan cukup lama surutnya.

"Kalau hujan biasa sih gak banjir. Tapi kalau intensitasnya tinggi maka sekolah kebanjiran. Apalagi, belakang ini ada proyek perumahan mewah di samping sekolah. Jadi air di drainase tersendat dan tidak bisa mengalir," kata dia.

Pantauan Liputan6.com, hingga Senin pukul 13.00 WIB, sejumlah guru dan petugas sekolah tampak masih berbenah mengangkat kursi dan sejumlah sarana penunjang kegiatan belajar lainnya. Tak sedikit warga setempat yang juga ikut membersihkan saluran air di lingkungannya tersebut.

Sementara sejumlah siswa-siswi yang rumahnya tak jauh dari sekolah, terlihat asyik berenang di halaman sekolah mereka.

Banjir saat ini menggenangi 20 titik di Kota Bekasi, Jawa Barat, dengan ketinggian 40 sentimeter sampai 1,3 meter. Kejadian tersebut telah berlangsung sejak Minggu pukul 12.30 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.