Sukses

JK: Pembunuhan Kim Jong-nam, Korea Utara Tak Peduli Indonesia

Wapres Jusuf Kalla terus memantau perkembangan kasus pembunuhan Kim Jong-nam, yang diduga melibatkan WNI bernama Siti Aisyah.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Indonesia terus berupaya mendalami kasus pembunuhan kakak tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, Kim Jong-nam, yang diduga melibatkan WNI bernama Siti Aisyah. Kementerian Luar Negeri juga terus mendalami kasus ini.

Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai, Korea Utara (Korut) tak peduli dengan Indonesia dalam kasus ini. Itu karena, menurutnya Siti Aisyah terus diposisikan tertuduh, padahal dia juga korban.

"Nah hubungan kita kalau dilihat justru Korea Utara tidak peduli. Mungkin dia yang, mungkin mereka saja yang merencanakan tapi medianya dia menjadi posisi, Indonesia ya justru jadi korban. Posisi Aisyah itu ya sebagai korban," kata JK di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Jumat 17 Februari 2017.

Sejak muncul kasus ini, baik Kementerian Luar Negeri maupun Keduataan Besar Indonesia di Malaysia terus bekerja untuk memberikan bantuan hukum. Sebab, pemerintah menilai Siti Aisyah juga korban dari sebuah rekayasa kasus.

"Ya kalau pasti kedutaan kita sudah bergerak untuk membela apabila memang dia jadi korban. Tapi kalau dia, katakanlah pelaku utama tentu lain soal," imbuh JK.

Sampai saat ini Wapres Jusuf Kalla terus memantau perkembangan kasus pembunuhan kakak tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, Kim Jong-nam, yang diduga melibatkan Siti Aisyah. Setiap laporan akan dicermati guna menentukan sikap selanjutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini