Sukses

Kapolri: Pendidikan Kunci Utama Tingkatkan SDM

Tito menjelaskan pendidikan merupakan bagian penting dalam pembangunan

Liputan6.com, Aceh - Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menyatakan kunci terpenting dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) adalah pendidikan. Tito menganggap, kemajuan suatu negara berawal dari kualitas dan kuantitas sumber daya manusianya.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela memberikan kuliah umum orasi kebangsaan dengan tema Memantapkan Demokrasi dan Memperkuat NKRI dari Aceh untuk Indonesia di gedung AAC Dayan Dawood, Darussalam, Jumat, 17 Januari 2017.

Ia menjelaskan pendidikan merupakan bagian penting dalam pembangunan sehingga Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) dapat terus memberikan layanan penting dalam pendidikan.

Menurut Tito Karnavian, kemajuan Unsyiah dalam dunia pendidikan menjadi modal penting dalam memajukan Aceh, termasuk juga menjadi faktor pendorong demi kemajuan bangsa Indonesia.

"Saya berharap agar Unsyiah dapat terus memberikan layanan pendidikan yang baik, sebab pendidikan merupakan bagian terpenting dalam pembangunan. Bahkan, peranan sumber daya manusia jauh lebih penting dari sumber daya alam," ucap Tito seperti dilansir dari Antara.

Rektor Unsyiah, Prof Samsul Rizal mengatakan ada tiga poin yang menjadi fokus utama dalam memajukan Unsyiah yaitu kejujuran, keikhlasan, dan kebersamaan yang diharapkan menciptakan kekompakan dan sinergitas dalam bekerja.

Ia berharap ke tiga poin tersebut juga dapat diterapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara agar menjadikan Indonesia sebagai negara besar di dunia pada tahun 2025.

"Semua kita harus jujur dan ikhlas dalam membangun Indonesia dengan menerapkan hal tersebut, Indonesia akan menjadi negara besar," katanya di sela-sela kuliah umum yang turut dihadiri unsur Forkopimda tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini