Sukses

Bendung Katulampa Meluap Jadi Momen Warga untuk Berfoto

Untuk pertama kalinya tinggi muka air di Bendung Katulampa naik cukup tinggi di awal 2017 ini.

Liputan6.com, Bogor - Hujan deras yang mengguyur wilayah Bogor dan sekitarnya membuat tinggi muka air di Bendung Katulampa Kota Bogor berstatus Siaga 2 dengan ketinggian air 150 cm. Debit air di Bendung Katulampa berangsur naik sejak Rabu, 15 Februari 2017. Naiknya debit air disebabkan wilayah hulu sungai diguyur hujan deras sejak pukul 13.00 WIB.

Kepala Petugas Bendung Katulampa Andi Sudirman mengatakan, ketinggian muka air di Bendungan Katulampa sempat mencapai 80 cm atau Siaga 4 banjir Jakarta. Bahkan ketinggian air mencapai 170 cm atau Siaga 2 banjir Jakarta, karena hujan yang terus mengguyur di wilayah hulu.

"Diperkirakan debit air akan terus naik karena sampai saat ini kondisi di wilayah Puncak masih diguyur hujan dengan intensitas sedang," kata Andi.

Menurut Andi, untuk pertama kalinya tinggi muka air di Bendung Katulampa naik cukup tinggi di awal tahun 2017 ini. "Paling tinggi 80 cm pada Sabtu kemarin," ujar dia.

Sementara itu, naiknya debit air di Bendung Katulampa menjadi tontonan warga. Ada yang sengaja datang dari jauh hanya untuk melihat dan mengabadikan lewat telpon genggam.

"Iseng aja, liatnya bagus kalau dipoto," ujar Rizky warga Tajur, Bogor.

Tak hanya itu, meluapnya Sungai Ciliwung juga dimanfaatkan warga sekitar untuk mencari ikan di tepi sungai. "Banyak ikannya. Lumayan buat dimasak," ucap Rojali warga Katulampa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.