Sukses

Beri Bantuan Beras, Menlu RI Tegaskan Sri Lanka adalah Sahabat

Menlu Retno mengakui adanya keterikatan antara Indonesia dengan Sri Lanka.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia baru saja mengirimkan bantuan beras 5.000 ton kepada Sri Lanka. Bantuan kemanusiaan ini digunakan untuk menanggulangi bencana kekeringan yang berkepanjangan.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, hubungan Indonesia dengan Sri Lanka sangat dekat. Keduanya merupakan pejuang dalam gerakan nonblok di Konferensi Asia Afrika.

Selain itu, saat bencana tsunami 2004, Indonesia dan Sri Lanka juga menjadi negara yang paling parah terdampak. Oleh karena itu, saat Sri Lanka mendapat musibah, seperti kekeringan ini, Indonesia cepat merespon.

"Pada hari ini kita bersama dengan Sri Lanka sebagai seorang sahabat, sebagai sebuah negara besar untuk membantu Sri Lanka dalam menanggulangi masalah atau bencana kemanusiaan yaitu berupa kekeringan yang terjadi di Sri Lanka," kata Retno di Kawasan pergudangan Bulog Divisi Regional DKI Jakarta, Selasa (14/2/2017).

Retno menegaskan, diplomasi kemanusiaan merupakan salah satu upaya diplomasi yang dilakukan Indonesia untuk menegaskan perannya di dunia. Tentu dengan harapan dapat ikut serta dalam perdamaian dan kesejahteraan dunia.

"Diplomasi kemanusiaan ini akan terus kita lakukan karena kita memiliki komitmen yang tinggi untuk berkontribusi dalam perdamaian dan kesejahteraan dunia," pungkas Retno.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini