Sukses

Pemprov DKI Akan Jadikan Makam Mbah Priok Lokasi Wisata Religi

Bila status tanah sudah jelas, Pemprov DKI akan menyulapnya jadi kawasan wisata religi yang dilengkapi dengan parkir dan kuliner.

Liputan6.com, Jakarta - Di hari kedua aktif kembali sebagai Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama‎ atau Ahok dijadwalkan berkunjung ke Makam Mbah Priok di Jakarta Utara, Selasa sore. Selain itu, Ahok berencana menyulap kawasan tersebut menjadi tempat wisata religi.

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Saefullah mengatakan, lahan makam memiliki status tidak jelas. Beberapa informasi juga menunjukkan kalau Makam Mbah Priok berada di atas tanah milik PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo).

"Hari ini Pak Gubernur mau cek ke lapangan. Pak Gubernur berkeinginan sudah ada MoU antara Pelindo dan Yayasan Mbah Priok," ujar Saefullah di Balai Kota Jakarta, Selasa (14/2/2017).

Bila status tanah seluas hampir 2,5 hektare di sana sudah jelas, Pemprov DKI akan menyulap kawasan tersebut jadi kawasan wisata religi yang dilengkapi dengan parkir dan kuliner.

"Mau dicek status tanahnya, mau dibuat wisata religi. Ada masjid, kuliner. Tapi harus ada kata sepakat dulu antara Pelindo dan ahli waris. Ini sayang pelabuhan internasional harusnya enggak seperti itu," ucap Saefullah.

"Ini (Makam Mbah Priok) bagian dari sejarah ya, maka baiknya juga di tengah pelabuhan internasional ada tempat wisata religi," pungkas Saefullah.

Sementara itu, Ahok sendiri mengaku akan mengurus izin pada Pelindo agar tanah itu dapat dimanfaatkan untuk fasilitas umum seperti parkir dan masjid.

"Mau kita tanya Pelindo bisa enggak bangun fasum (fasilitas umum), fasos (fasilitas sosial) tempat parkir masjid. Kita juga mesti tegas supaya masalahnya selesai. Sayang kan ada tanah terbengkalai, kita (bisa) manfaatin buat parkir. Itu tujuan wisata religi yang baik," kata Ahok di Balai Kota Jakarta, Selasa pagi.


* Saksikan quick count Pilkada DKI Jakarta 2017 pada 15 Februari 2017

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.