Sukses

Jokowi Segera Distribusikan Beras dan Gula Murah untuk Warga

Jokowi menyatakan akan memulai untuk distribusikan beras maupun gula lewat kartu pada 23 Februari di 44 kota.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meninjau kawasan pergudangan Bulog Divisi Regional DKI Jakarta. Jokowi sempat memamerkan beras dan gula lokal yang akan dibagikan kepada warga miskin melalui kartu.

"Kita akan memulai untuk distribusikan beras maupun gula lewat kartu. Itu akan dilakukan nanti 23 Februari ini di 44 kota," kata Jokowi di lokasi, Jakarta, Selasa (13/2/2017).

Jokowi kemudian mengambil satu kemasan beras yang ada di belakangnya. Beras itu ditunjukkan kepada awak media.

"Kita akan mulai, saya lihat persiapannya misalnya beras ini dijual per kilogram Rp 8.500 dah dalam bentuk kemasan. Beras kita ada brandnya," imbuh Jokowi.

Tak hanya itu, Jokowi juga menunjukkan produk gula lokal yang akan dipasarkan menggunakan program e-warung. Masyarakat bisa mendapatkan kedua bahan pokok itu dengan harga yang lebih murah.

"Gula juga sama sudah dikemas namanya 'Manis Kita'. Sudah di brand, kalau di luar gula berapa sekarang? Rp 15.000 per kg, Bulog jual Rp 12.000," ucap Jokowi.

Beras dan gula lokal ini akan didistribusikan untuk masyarakat miskin. Bila 44 kota berhasil melakukan dengan lancar, distribusi akan diperluas.

"Kemasan bagus, kualitas bagus. Saya kira yang seperti ini akan kita coba dulu 44 kota kalau lancar baru ke kota kabupaten lain," pungkas Jokowi.

Pemerintah akan menaikkan sasaran Bantuan Pemerintah Non Tunai (BPNT) yang semula 44 kota menjadi 45 kota dan 6 kabupaten. Pada tahap persiapan, Pemerintah concern pada Kelompok Penerima Manfaat (KPM) untuk tahap awal ada di 45 Kota dan 6 Kabupaten dengan jumlah 1,4 Juta KPM yang data nama dan alamatnya bersumber dari Basis Data Terpadu (BDT).

Selain itu, dengan asumsi rasio 1 e-Warong layani 150 KPM, maka dibutuhkan sekitar 10.753 unit e-Warong.

Penyaluran BPNT akan segera efektif saat Perpres telah ditetapkan oleh Presiden. Draf Perpres tentang Penyaluran Bantuan Pemerintah secara Non Tunai hingga kini sudah disiapkan untuk mendapatkan persetujuan Presiden [Jokowi](Beras dan gula lokal ini akan didistribusikan untuk masyarakat miskin. Bila 44 kota berhasil melakukan dengan lancar, distribusi akan diperluas. "Kemasan bagus, kualitas bagus. Saya kira yang seperti ini akan kita coba dulu 44 kota kalau lancar baru ke kota kabupaten lain," pungkas Jokowi. "").

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini